Kamis, 22 April 2021

Lean Bread Technique-April 2021

Semakin mengertinya konsumen akan asupan gizi, pemilihan makanan pun menjadi lebih diperhatikan. Contohnya saja untuk asupan kalori terutama dari lemak. Lemak menyumbangkan kalori tertinggi dengan 9 kkal per gram lemak. Lemak ini pun dibedakan menjadi lemak yang jenuh dan tak jenuh. Dianjurkan asupan lemak dalam sehari adalah sekitar 30% dari diet di mana 2/3-nya diutamakan jenis lemak dengan asam lemak penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh baik tunggal maupun jamak. Banyak juga berbagai penelitian yang mengkaitkan korelasi positif antara asupan lemak jenuh dengan berbagai penyakit kardiovaskular. Namun tentu saja tidak sama pengaruhnya bagi setiap orang karena pola makan dan pola hidup yang berbeda.






Keberadaan lemak dalam makanan berpengaruh besar terhadap nilai sensori dan juga fungsi lemak lainnya seperti peningkatan kualitas tekstur, mouthfeel, palatabilitas, dan lainnya yang tentu saja hingga saat ini masih digunakan dan dipertahankan. Lemak mampu merekonstruksi kelembutan makanan, aroma khas dan menggugah selera, rasa tidak kering, yang pada akhinrya secara keseluruhan nilai sensori yang sangat dapat diterima oleh konsumen.





Berbagai produk rerotian juga menggunakan lemak dengan berbagai macam baik jenis lemak maupun jumlahnya dalam adonan. Lemak dalam produk rerotian atau baked product ini ditemukan dalam bentuk mentega, margarin, minyak sayur, kuning telur, shortening, ataupun lemak-lemak pangan lainnya. Lemak dalam rerotian berfungsi untuk melindungi molekul pati dan mencegah pengembangan gluten berlebihan dan mencegah penetrasi air ke dalam pati, sehingga rasa produk menjadi tidak “berpasir” atau gembur. Pada umumnya kadar lemak dalam adonan roti berkisar 0-5%. Untuk konsentrasi 0% artinya jika kita membuat roti tanpa lemak sama sekali, maka roti yang dihasilkan bukanlah roti untuk bisa diiris. Selain itu tentunya akan mempengaruhi pada parameter lain seperti aroma dan rasa juga tekstur ketika di mulut. Konsentrasi lemak rata-rata pada roti pan adalah 2-3% dari berat terigu yang digunakan. 






 Cara ini dapat menurunkan asupan lemak secara langsung dengan sedikit “mengorbankan” sensori dan fungsi lemak. Produk rerotian dengan lemak yang rendah merupakan suatu konsep pilihan bagi mereka yang membatasi asupan lemak (kalori). Di luar perhitungan ekonomi, cara membatasi ini dapat dilakukan dengan mengurangi atau mengganti lemak. Produsen dan konsumen akhirrnya tetap dihadapkan pada pilihan karakteristik sensori dan fungsi lemak. Tetap perlu diingat jumlah takaran saji per hari tentu tidak boleh dikesampingkan. Pola hidup sehat pun tetap perlu dijaga.


Jika kamu tertarik untuk bisa menjadi chef profesional atau jika kamu mempunya bakat di bidang kuliner, ya kamu tidak salah sudah mampir dan menemukan blog karena kami menmbuka kesempatan besar untuk bisa bergabung menjadi chef profesional yang betul2 dilatih setiap hari hingga bisa

segera hubungi kami di nomor : 085280008737 atau 082141199501








14 komentar:

  1. Aprilmus jefian M
    Rote,NUSA TENGGARA TIMUR

    Di sylabus ini saya dapat lebih memahami lagi materi basic dalam pembuatan cake, puding, danish, puff pastry dll. Disini lebih ajari lagi langkah-langkah membuat sebuah produk dari awal sampai selesai. Dengan adanya basic bisa membantu saya agar lebih mahir dalam membuat suatu produk kue atau olahan pastry lainnya

    BalasHapus
  2. Saya briyan glory dari jember! Disylabus ini saya lebih memahami materi basic dalam pembuatan cake, pudding, danish dan puff. Dengan adanya basic ini saya lebih memahami teknik dalam membuat cake lebih baik lagi

    BalasHapus
  3. dalam silabus ini saya dapat lebih memahami materi basic pembuatan puff, danish, cake, pudding, dll. dengan adanya basic ini dapat membantu saya agar lebih memahami teknik dalam pembuatan kue lebih baik lagi
    nadine dari surabaya

    BalasHapus
  4. Pada silabus ini, para mahasiswa belajar tentang roti lean bread yang biasanya memiliki cita rasa tawar, dan memiliki lemak sedikit. Dengan ini, mahasiswa bisa membuat berbagai macam lean bread dan berbagai variasi dari roti tersebut.


    Arvel Luis
    SMAK St.Agnes

    BalasHapus
  5. Sekolah di Monas Culinary, saya bisa mengembangkan bakat minat saya saat ini. Saya memperoleh banyak pengetahuan, teman dan pengalaman.

    Risma Ainindya
    Banyuwangi

    BalasHapus
  6. saya atthaya nadine aurelia dari surabaya. dalam silabus ini saya dapat lebih memahami materi basic pembuatan puff, danish, cake, pudding, dll. dengan adanya basic ini dapat membantu saya agar lebih memahami teknik dalam pembuatan kue lebih baik lagi

    BalasHapus
  7. Saya febby dari Jateng pati. Disini saya belajar mengetahui, mana roti yang bisa dimakan, mana roti yang hanya sbagai pajangan, rasanya yang tawar dan asin, serta mana roti yang tidak ber karbohidrat dan yang tidak ber karbohidrat alias roti khusus untuk orng yg diet. :)

    BalasHapus
  8. Saya Triana Octaviani dari Situbondo. Belajar silabus ini membuat saya mengerti ternyata gak semua roti bisa dimakan. Ada juga roti yang dibuat untuk hiasan dan, juga ada roti yang terbuat dari bahan yang sehat dan rendah lemak. Sangat menyenangkan!!

    BalasHapus
  9. Ternyata ada beberapa roti atau bread yang hanya di jadikan hiasan, salah satunya roti buaya khas suku Betawi yang sering muncul di acara adat pernikahan mereka.
    Di Monas kita juga belajar membuat roti jenis itu salah satunya di pelajari di sylabus Lean Bread Technique ini.

    Gian Apridianti
    Sidoarjo

    BalasHapus
  10. Kebanyakan orang sudah mengenal bahkan menyantap pizza. Beberapa orang mungkin masih awam tentang bedanya Italian pizza dan American pizza. Di syllabus lean bread akan diajarkan tentang perbedaan Italian pizza dan American pizza seperti bagaimana proses pembuatan adonan hingga final productnya.

    Yonathan Adi Wijaya
    SMA Kanisius
    Kudus

    BalasHapus

  11. Di sylabus ini saya dapat lebih memahami lagi materi basic dalam pembuatan cake, puding, danish, puff pastry dll. Disini lebih ajari lagi langkah-langkah membuat sebuah produk dari awal sampai selesai. Dengan adanya basic bisa membantu saya agar lebih mahir dalam membuat suatu produk kue atau olahan pastry lainnya

    Ariel
    Smak santa agnes

    BalasHapus
  12. Hal baru akan kalian ketahui di silabus ini. Mungkin sebagian besar orang mengganggap pizza itu sama , tetapi jika belajar di Monas tentu kalian akan kaget kalau pizza juga ada beberapa jenis dan tekstur yang berbeda.

    Kelvin Alexya Erlangga
    SMAN 1 Magetan

    BalasHapus
  13. Saya Ariel dari Surabaya , dalam silabus ini saya dapat lebih memahami materi basic pembuatan puff, danish, cake, pudding, dll. dengan adanya basic ini dapat membantu saya agar lebih memahami teknik dalam pembuatan kue lebih baik lagi

    BalasHapus
  14. Silabus lean bread mengajarkan untuk membuat produk yang rendah lemak, yang menyebabkan produk yang dibuat cenderung keras dan kering.

    Risma Ainindya
    Banyuwangi

    BalasHapus