Rabu, 07 September 2022

Silabus Cookies-September 2022

Cookies adalah produk makanan yang dikeringkan dengan cara dioven, terbuat dari tepung terigu, gula, dan lemak atau margarin atau bisa juga dengan mentega dengan kadar air kurang dari 4% dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama (Paran, 2009 dalam Ratri, 2016). Menurut BSN (2011 dalam Disty, 2016), cookies merupakan salah satu jenis biskuit yang dibuat dari adonan lunak, berkadar lemak tinggi, relatif renyah bila dipatahkan dan penampang potongannya bertekstur padat.

Kue kering dikatakan berasal dari Eropa. Di Amerika orang menyebutnya cookies. Di Perancis, dikenal dengan istilah biskuit yang berarti kue yang dimasak dua kali hingga kering, orang Belanda menyebutnya koekje yang berarti kue kecil. Syarat cookies yang baik, yaitu bertekstur renyah (rapuh) dan kering, berwarna kuning kecoklatan atau sesuai dengan warna bahannya, beraroma khas serta berasa lezat, gurih dan manis.












Bahan pembuatan cookies bahan yang digunakan dalam pembuatan cookies dibedakan menjadi bahan pengikat (binding material) dan bahan pelembut (tenderizing material). Bahan pengikat terdiri dari tepung, air, susu bubuk dan putih telur, sedangkan bahan pelembut terdiri dari gula, lemak atau mentega/margarin (shortening) dan kuning telur 








Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana dan seperti apa berkarir di industri kuliner atau kalian ingin menjadi seorang foodpreanur kalian bisa menghubungi kami akademi kuliner monas pasifik surabaya.
kenapa harus memilih kuliah di MONAS???

Jawabannya sederhana saja,

Karena MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY

PERTAMA dan SATU SATUNYA perguruan tinggi KULINER di INDONESIA yang diakui pemerintah dan memiliki IJIN DIKTI selain itu MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY juga TERAKREDITASI, KEUNGGULAN LAINNYA ADALAH PRAKTEK SETIAP HARI 4 RESEP.

Mana ada yang kayak monas, setiap hari praktek 4 resep, seminggu 20 resep, sebulan 80 resep..lah setahun? hitung sendiri ya......

Need more information...

Monas Pacific Culinary Academy

Ijin DIKTI no 198/D/O/2003

Jl. Bratang Binangun no 37 Surabaya, 60284

Tlp.082141199501, FB: Teguh Susanto, WA: 082141199501 Atau bisa juga WA di 085280008737

53 komentar:

  1. hai guys aku dilla dari smk 2 boyolangu, buat kalian yang pengen banget terjun difnb cocok banget nih masuk sini soalnya semua yang diajarin bener bener gampang dipahamin dosennya juga pada baik temen temnnya apa lagi pokoknya belajar disini tuh seru abis deh

    BalasHapus
  2. kayak gambar diatad misalnya kita lagi pada biat cookies, kalo kalian pikir pasti susah deh bikinnya pasti gabisa deh. tapi tenang bikin cookies kayak diatas tuh gampang guys soalnya bakalan diajarin sama dosen sampe kalian pahamm

    BalasHapus
  3. semua yang dari awalnya gabisa kalo udah disini tuh bakalan diajarin sampe bisa, bukan cuma bikin cookies gini tapi masih buanyak lagi yang kalian bisa pelajari

    BalasHapus
  4. kalian juga diajarin caranya buat plating cantik bukan hanya diajarin bikinya aja tapi juga cara penyajian yang menarik. bisa dari coklat glucose dan masih banyak lainnya

    BalasHapus
  5. Hi saya aurel, asal jayapura salah satu mahasiswi di monas. Di sylabus cookies ini kami belajar membuat berbagai produk kue kering yang bisa menjadi salah satu ide berbisnis loh

    BalasHapus
  6. Di monas juga kami belajar untuk menjadi satu tim yang dapat bekerja sama dan saling membantu, sehingga ke depan nya kami di harapkan bisa bekerja dengan baik dalam tim di dunia industri

    BalasHapus
  7. Untuk resep” yang di pelajari juga bukan sembarang produk loh, dosen” yang mengajar di monas merupakan orang” yang sudah berpengalaman langsung di dunia industri hotel bintang 5 bahkan kapal pesiar

    BalasHapus
  8. hai aku dilla asal trenggalek, kuliah dimonas kita dilatih buat siap bekerja tim didunia industri, kita juga nanti bisa magang dihotel bintang 5 yang kalian inginkan dan tentunya bakal nambah pengalaman dan wawasan

    BalasHapus
  9. halo guys saya dilla asal trenggalek, dosen pengajar disini semuanya berpengalaman dan hebat hebat jadi semua yang diajarin disini sangat membantu kita jika nantinya akan terjun ke dunia industry atau bahkan bikin usaha sendiri

    BalasHapus
  10. hai saya dilla asal trenggalek, belajar dimonas sangatlah menambah ilmu baru dan wawasan baru teknik yang sebelumnya aku gatau jadi tau, buat prodak yang sebelumnya gabisa jadi bisa

    BalasHapus
  11. Halo saya Cindy Yuniar D asal Bojonegoro. Di syllabus ini yang awalnya saya kira akan susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  12. Hai saya septi asal dari medan,awalnya saya berfikir saya tidak berbakat didalam memasak tapi setelah belajar di monas saya mulai merasa mungkin saya ada bakat yang belum terasah didalam memasak dan di monas kita akan diarahkan dan diajari bahkan mulai dari basic

    BalasHapus
  13. Hallo guys saya Dyah virdha ayu rachma asal tulungagung yang berkuliah di universitas monas pasific surabaya daerah gubeng di syllabus membuat kue ini saya belajar banyak tentang membuat kue dan macam"nya cara membuatnya pun tidak sulit karena penjelasan dari dosen yg mudah dipahami dan dosen pun dengan senang hati membantu segala kesulitan bila kita masih belum memahaminya.

    BalasHapus
  14. Dalam membuat cookies ini bisa digunakan untuk ide jualan serta untuk hari raya yg penting sebagai camilan dikos atau dirumah seru lo kalau g percaya bisa dicoba dirumah.

    BalasHapus
  15. Halo nama saya iqbal saya dari Samarinda,selama saya kukiah di monas culinary sangat seru dosen disini sangat amat membantu dalam praktek sehari sehari jadi jika kita ada yang kurang paham bisa langsung bertanya dan diajari praktek disini juga dilakukan setiap masuk kuliah

    BalasHapus
  16. Halo nama saya iqbal syllabus ini yang awalnya saya kira akan susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  17. Hai nama saya iqbal selama saya kuliaah di Monas culinary saya mendapat kan banyak ilmu bakery dan pastry

    BalasHapus
  18. Hai saya iqbal selama kukiah di monas kita selalu praktek setiap hari

    BalasHapus
  19. Haiii saya Ertauli Panjaitan asal Blitar. Di syllabus ini yang awalnya saya kira akan susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  20. Senang belajar disekolah ini bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan baik secara materi maupun praktek. Untuk praktek setiap hari kita lakukan jadi banyak sekali yang kita dapat dalam sehari.

    BalasHapus
  21. perkenalkan nama saya muhammad putra wasista asal dari magetan. saya sangat senang sekali belajar dimonas pacific karena mendapatkan ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  22. belajar disekolah ini bisa mendapatkan banyak sekali ilmu baik secara materi maupun praktek.

    BalasHapus
  23. Dari sini bisa disimpulkan bahwa memasak itu menyenangkan selama kita tekun serta berusaha selalu.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Hallo nama saya dewi sandra asal dari ntb kuliah di Monas Pasific sangat lah menyenangkan dan sudah bayak hal yg saya pelajari disini

    BalasHapus
  26. Hallo nama saya dewi sandra asal ntb belajar dimonas sanggat lah menambah ilmu baru dan wawasan baru dan banyak teknik baru yg saya pelajari

    BalasHapus
  27. hai saya dilla asal trenggalek. Di sylabus cookies ini kami belajar membuat berbagai produk kue kering yang bisa menjadi salah satu ide berbisnis loh bikinnya juga mudah dan menyenangkan

    BalasHapus
  28. apalagi cookies banyak digemari oleh semua kalangan baik anak anak bahkan sampai orang tua bisa suka cemilan yang satu ini karena selain enak dia juga tidak mudah membuat kenyang

    BalasHapus
  29. Hallo Nama saya alicia asal Surabaya, kegiatan ini menambah kita bahwa belajar memasak itu sngat menyenangkan dan sangat asik

    BalasHapus
  30. Halo saya Cindy Yuniar D asal Bojonegoro. Saya kuliah di sini karena praktek memasak setiap hari dan langsung diajari oleh para dosen yang sangat berpengalaman.

    BalasHapus
  31. Di silabus cookies kita diajari creaming method, beberapa bahan yg cocok untuk membuat cookies, dan berbagai macan jenis dan harga mentega.

    BalasHapus
  32. Haiiiii saya Ertauli panjaitan asal dari Blitar, Jawa Timur. Saya kuliah di sini karena praktek memasak setiap hari dan langsung diajari oleh para dosen yang sangat berpengalaman.

    BalasHapus
  33. Halo saya dilla asal trenggalek, kuliah di monas sangat seru dosen disini sangat amat membantu dalam praktek sehari sehari jadi jika kita ada yang bingung dan kurang paham bisa langsung bertanya dan diajari langsung, praktek disini juga dilakukan setiap jam kuliah

    BalasHapus
  34. Hai saya dilla asal dari trenggalek, kenapa saya kuliah disini karena memang saya tertarik dengan dunia fnb dan ingin melanjutkan sekolah saya yang memang dari smk sudah mengambil bidang tata boga, sebenarnya saya lebih tertarik dengan pastry bakery karena itu hal yang menarik bagi saya

    BalasHapus
  35. Nama saya uswatun hasanah asal saya dari lamongan kegiatan ini menambah kita bahwa belajar memasak itu sngat menyenangkan

    BalasHapus
  36. Perkenalkan nama saya Mya Djoenaid asal Balikpapan dengan belajar di monas saya mendapat banyak ilmu dan kenal dengan berbagai produkmu dari bread,cake,dessert dan berbagai produk lainnya. Di sylabus cookies mengenal berbagai rasa,warna dan bentuk dari cookies itu sendiri.

    BalasHapus
  37. perkenalkan nama saya m. putra wasista asal dari magetan. saya sangat suka sekali belajar dimonas pacific karena mendapatkan ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  38. kuliah dimonas kita dilatih buat siap bekerja tim didunia industri dan bekerja di hotel maupun kapal pesiar.

    BalasHapus
  39. Dari sini bisa disimpulkan bahwa memasak itu menyenangkan selama kita tekun serta berusaha selalu, dan banyak berdoa serta pengetahuan ilmu juga banyak prakteknya dan materi

    BalasHapus
  40. Halo saya M. Putra wasista asal MAGETAN, Di monas juga kami belajar untuk bisa melayani customer dengan ramah.

    BalasHapus
  41. Senang sekali bisa sekolah si monas akademi kita diajarkan teknik memasak dan membuat berbagai macam masakan.

    BalasHapus
  42. Hallo setelah mengikuti kelas pastry bakery selama beberapa bulan ternyata menyenangkan bisa kuliah disini kita diajarkan berbagai macam cookies contohnya seperti gambar di atas

    BalasHapus
  43. Hai, saya novrita. Disilabus cookies ini kami belajar berbagai macam cookies dengan berbagai macam teknik dan isian. Silabus ini sangat membantu kami mengenal berbagai jenis cookies dari berbagai negara.

    BalasHapus
  44. Hi saya agung, asal padang salah satu mahasiswa di monas. Di sylabus cookies ini kami belajar membuat berbagai produk kue kering yang bisa menjadi salah satu ide berbisnis loh

    BalasHapus
  45. Hai saya Salwa asal Kediri, kuliah di monas sangat seru dosen disini sangat membantu dalam praktek sehari sehari jadi jika kita ada yang bingung dan kurang paham bisa langsung bertanya dan diajari langsung, praktek disini juga dilakukan setiap jam kuliah.

    BalasHapus
  46. Hai saya Faadiyah Azmi asal Kediri. Di syllabus ini yang awalnya saya kira akan susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  47. Hai saya Salwa asal kediri salah satu mahasiswi di monas pasific, Di sylabus cookies ini kami belajar membuat berbagai produk kue kering yang bisa menjadi salah satu ide berbisnis

    BalasHapus
  48. Hai, saya Cindy Yuniar D asal dari Bojonegoro, Jawa Timur. Saya kuliah disini karena praktek memasak setiap hari dan langsung diajari oleh para dosen yang sangat profesional.

    BalasHapus
  49. Haiii, saya Ertauli Panjaitan asal Blitar, Jawa Timur. Dosen disini sangat membantu dalam praktek sehari-hari jika kita merasa kebingungan bisa langsung bertanya nantinya akan dijawab dengan jelas dan dipraktekkan.

    BalasHapus
  50. Hai saya dilla asal trenggalek, kuliah di monas sangat seru dosen disini sangat membantu dalam praktek sehari sehari jadi jika kita ada yang bingung dan kurang paham bisa langsung bertanya dan diajari langsung, praktek disini juga dilakukan setiap jam kuliah.

    BalasHapus
  51. Perkenalkan nama saya dilla asal trenggalek dengan belajar di monas saya mendapat banyak ilmu dan kenal dengan berbagai produk dari bread,cake,cookies dan berbagai produk lainnya. Di sylabus cookies mengenal berbagai rasa,warna dan bentuk dari cookies itu sendiri.

    BalasHapus
  52. Halo nama saya Alicia dari Surabaya peralatan masak dan bahan" dilab sangat lengkap sehingga saat memasak/ membuat cake sangat maksimal.

    BalasHapus
  53. Hallo Nama saya uswatun hasanah asal saya dari lamongan, saya sangat senang sekali menjadi mahasiswa dimonas culinary ini disini kita diajarkan banyak hal tentang tenik teknik pembuatan berbagai macam bakery

    BalasHapus