Rabu, 07 September 2022

Pastry Based Product-Silabus

Pastry adalah salah satu istilah yang sering kita dengar seputar makanan roti dan kue. Biasanya pastry memiliki pengertian yang berbeda-beda di masyarakat, tergantung pada pemahaman serta pengalaman dari masing-masing orang. Tidak jarang, ada yang mendefinisikan kalau semua jenis kue termasuk ke dalam pastry. Ada juga yang mendefinisikannya sebagai sebuah adonan yang berlapis-lapis.

Pastry adalah salah satu bidang yang berfokus pada penyajian serta pengolahan hidangan jenis kue. Dalam dunia perhotelan, pastry memang termasuk ke dalam departemen food and beverage, di mana tugasnya adalah membuat hidangan kue dan juga dessert untuk keperluan breakfast, coffee break, maupun makanan siang atau malam.










Secara umum, pastry adalah kue yang terbuat dari adonan laminated dough atau adonan berlapis tipis atau juga dikenal dengan sebutan puff dan terbuat dari adonan non-laminated dough atau yang adonannya lebih mirip dengan adonan roti pada umumnya.

Pastry berasal dari bahasa Prancis yaitu “Pastisseri” yang memiliki arti kue-kue. Oleh karena itu, pastry juga bisa disebut sebagai salah satu bidang keilmuan yang mendalami seluk beluk tentang kue, baik kue oriental ataupun kontinental.













Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana dan seperti apa berkarir di industri kuliner atau kalian ingin menjadi seorang foodpreanur kalian bisa menghubungi kami akademi kuliner monas pasifik surabaya.
kenapa harus memilih kuliah di MONAS???

Jawabannya sederhana saja,

Karena MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY

PERTAMA dan SATU SATUNYA perguruan tinggi KULINER di INDONESIA yang diakui pemerintah dan memiliki IJIN DIKTI selain itu MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY juga TERAKREDITASI, KEUNGGULAN LAINNYA ADALAH PRAKTEK SETIAP HARI 4 RESEP.

Mana ada yang kayak monas, setiap hari praktek 4 resep, seminggu 20 resep, sebulan 80 resep..lah setahun? hitung sendiri ya......

Need more information...

Monas Pacific Culinary Academy

Ijin DIKTI no 198/D/O/2003

Jl. Bratang Binangun no 37 Surabaya, 60284

Tlp.082141199501, FB: Teguh Susanto, WA: 082141199501 Atau bisa juga WA di 085280008737

64 komentar:

  1. haii guyss, kita lagi bikin pie dan itu seruu abiss ga susah juga bikin adonan sama fillingnya soalnya kita semua disini dilatih buat kerja tim jadi komunikasi sesama anggota itu harus baik dan bagus biar ga ada miss komunikasi

    BalasHapus
  2. Halo saya aurel asal dari jayapura. Berkuliah di monas memberikan banyak sekali pembelajaran yang saya butuhkan untuk menghadapi dunia industri kedepan nya loh

    BalasHapus
  3. semua yang kita buat disini bener bener dipelajari dengan baik makanya semuanya walaupun kerja tim tapi tetep bisa kalau buat prodak sendiri

    BalasHapus
  4. Dalam sylabus pie ini kami membuat berbagai macam jenis pie, kami juga mempelajari membedakan antara bike pie dan unbike pie yang memiliki tekstur dan cara membuat yang berbeda. Isian yg di gunakan juga berbeda tergantung jenis kulit pie yang berbeda

    BalasHapus
  5. Halo saya Cindy Yuniar D asal Bojonegoro. Di syllabus ini yang awalnya saya kira akan susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  6. Hallo saya Dyah virdha ayu rachma asal tulungagung yang berkuliah di universitas monas pasific disini kami diajarin membuat berbagai macam pie selain membuat dan mengolah kita juga diajari berbagai macam platting untuk mempercantik sebuah hidangan selain rasa warna keindahan itu perlu dalam suatu makanan.

    BalasHapus
  7. Dalam syllabus pie ini kami mempelajari cara membedakan pie ada 2 unbake pie dan bake pie, unbake pie adalah pie yg cara memanggang nya hanya 1 kali jika bake artinya pemanggang nya membutuhkan 2 kali.

    BalasHapus
  8. Hai saya septi asal dari medan,awalnya saya berfikir saya tidak berbakat didalam memasak tapi setelah belajar di monas saya mulai merasa mungkin saya ada bakat yang belum terasah didalam memasak dan di monas kita akan diarahkan dan diajari bahkan mulai dari basic

    BalasHapus
  9. halo guys saya dilla asal trenggalek, kuliah dimonas sangat seru dan menyenangkan materi yang dibahas semua dipraktekan sehingga semuanya bisa paham betul bukan hanya sekedar materi tetapi praktek juga

    BalasHapus
  10. dosen disini sangat amat membantu dalam praktek sehari sehari jadi jika kita ada yang kurang paham bisa langsung bertanya dan diajari praktek disini juga dilakukan setiap masuk kuliah

    BalasHapus
  11. saya sendiri paling suka saat syilabus wedding cake karena menghias kue adalah hal yang seru dan menyenangkan kita bisa tau berbagai macam bentuk hiasan yang sebelumnya saja kita berpikir saja sulit bagaimana membuatnya

    BalasHapus
  12. Halo sya iqbal saya dari Samarinda,selama kuliah disini aku merasa sangat enjoy dan senang karena semuanya pada baik apalagi saat praktek semuanya belajar tapi tetep seru dan tidak membosankan

    BalasHapus
  13. Nama saya iqbal saya dari Samarinda seperti di atas mengajarkan kita tentang kerjasama tim tanggung jawab dalam mengajarkan bagaimana cara memasaknya dan public speaking melatih kepercayaan diri juga semangat dalam belajar itu perlu.

    BalasHapus
  14. Halo saya wilson asal medan. Di syllabus ini yang awalnya saya kira akan susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  15. hallo nama saya muhammad putra wasista asal saya dari magetan, disini kita diajarkan banyak hal tentang tenik teknik pembuatan berbagai macam bakery dan pastry

    BalasHapus
  16. Halloo nama saya virdha asal tulungagung bisa dilihat kami membuat banyak sekali product kue sehari kami praktek 4 resep jadi bisa tau berbagai macam kue yg ada tidak perlu takut salah dalam membuat adonan karna dosen yg baik mau mengajarkan secara pelan sampai mengerti.

    BalasHapus
  17. Hallo nama saya dewi sandra asal ntb di syallabus ini yang awal nya saya kira susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yg mudah di pahami

    BalasHapus
  18. hai perkenalkan saya faadiyah azmi asal kediri, harapan saya kuliah dimonas pasifik agar bisa menambah skill dan wawasan dalam memasak.

    BalasHapus
  19. hallo saya faadiyah azmi asal smkn 3 kediri, saat kuliah dimonas pasifik kita diajari langsung oleh chef profesional yang sudah ahli dan memiliki banyak pengalaman dalam bidang memasak.

    BalasHapus
  20. Haii saya Faadiyah Azmi Salwana, harapan kedepannya semoga monas pasifik menjadi kampus kuliner terbaik dan terbagus. kuliah dimonas pasifik bisa mewujudkan untuk menjadi chef.

    BalasHapus
  21. halo aku dilla asal trenggalek. disylabus pie ini kami membuat berbagai jenis pie, kami juga belajar tentang cara membedakan antara bike pie dan unbike pie. karena selain praktek disini kami juga mendapat materi dan penjelasan

    BalasHapus
  22. selama kuliah disini resep yang dipelajari bervariasi dan sangat membantu kalian jika ingin membuat menu untuk berjualan karena disini kalian juga mendapat materi bagaimana cara berjualan agar bisa berjalan bagus dan mendapat untung

    BalasHapus
  23. halo saya Alicia dari surabaya kegiatan kunjungan mahasiswa ini sangat amat positif karena dapat berbagi ilmu dengan semuanya dan menambah wawasan kita tentang cara memasak yang baik dan benar

    BalasHapus
  24. Haiiiii saya Ertauli panjaitan asal dari Blitar, Jawa Timur. Saya kuliah di sini karena praktek memasak setiap harinya.

    BalasHapus
  25. Banyak masakan-masakan indonesia yang kita pelajari tentunya bukan masakan Indonesia saja masi banyak lagi yang kita praktekkan dimonas ini.

    BalasHapus
  26. Halo nama saya Romy, di Monas juga di ajari bagaimana cara menghitung cos, membuat standar recipe dan bagaimana caranya bisa membuat produk dengan cepat dan memuaskan.

    BalasHapus
  27. Kita juga belajar bagaimana berkomunikasi agar bisa menggauli orang-orang yang ada di sekitar kita dengan ramah dan sopan.

    BalasHapus
  28. Di Monas juga mengajari kita bagaimana melayani customer dengan ramah, sopan sesuai standard hotel yang berbintang lima.

    BalasHapus
  29. Hallo nama saya dewi sandra asal ntb di Monas kita di latih untuk siap kerja sama tim di dunia industri, kita juga nanti bisa magang di hotel bintang 5 yg kita ingin kan dan tentunya nambah pengalaman dan wawasan

    BalasHapus
  30. Hallo saya sandra asal ntb awal nya saya pikir kalo saya tidak berbakat dalam hal memasak tapi setelah saya belajar di Monas saya mulai yakin kalo saya ada bakal dalam hal memasak

    BalasHapus
  31. Hallo saya sandra asal ntb belajar di manas menambah wawasan saya tentang pastry dan bakery dan itu sangat menyenangkan

    BalasHapus
  32. Hallo saya sandra asal ntb belajar di Monas membuat saya banyak mengetahui banyak hal tentang cake dan decoration

    BalasHapus
  33. Hallo saya sandra sandra asal ntb belajar di Monas Pasifik menambah wawasan saya dan membuat saya belajar lebih giat lagi

    BalasHapus
  34. Hallo saya dewi sandra asal ntb belajar memasak di Monas sangat asik dan menyenangkan karna orang2 di sana sangat menyenakan

    BalasHapus
  35. Nama saya uswatun hasanah asal saya dari lamongan kegiatan ini menambah kita bahwa belajar memasak itu sngat menyenangkan

    BalasHapus
  36. Hallo saya dilla asal trenggalek yang berkuliah di akademi monas pasific disini kami diajarin membuat berbagai macam pie selain membuat dan mengolah kita juga diajari cara membuat platting untuk mempercantik sebuah hidangan selain rasa, warna keindahan itu perlu dalam suatu makanan.

    BalasHapus
  37. Nama saya dilla, dari Samarinda seperti di atas mengajarkan kita tentang kerjasama tim dan tanggung jawab dalam membuat sebuah prodak, sehingga jika sudah berada dalam dunia kerja kita bisa mempunya kerja tim yang bagus

    BalasHapus
  38. Hallo nama saya dilla asal trenggalek di Monas kita di latih untuk siap kerja sama tim di dunia industri, kita juga nanti bisa magang di hotel bintang 5 yg kita ingin kan dan tentunya nambah pengalaman dan wawasan serta skill kita

    BalasHapus
  39. Nama saya dilla, dari trenggalek seperti di atas mengajarkan kita tentang kerjasama tim dan tanggung jawab dalam membuat sebuah prodak, sehingga jika sudah berada dalam dunia kerja kita bisa mempunya kerja tim yang bagus

    BalasHapus
  40. Perkenalkan nama saya Mya Djoenaid asal Balikpapan. Pastry sekarang sedang banyak diminati mulai dari pie atau biasanya dijadikan snack sore dan makanan penutup. Di monas ini kita bisa belajar cara membuat pie dari berbagai filling dan rasa, ada yang manis juga ada yang gurih. Pastry ini sekarang sedang banyak dijual baik di toko roti atau food court. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui dasar-dasar tentang pastry

    BalasHapus
  41. Hallo saya M. Putra wasista asal Magetan belajar di Monas ini membuat saya banyak mengetahui banyak hal tentang cake dan decoration supaya belajar lebih giat lagi

    BalasHapus
  42. belajardi Monas Pasifik ini bisa mendapatkan banyak sekali ilmu baik secara materi maupun praktek.

    BalasHapus
  43. Di monas pasific ini banyak materi serta pengetahuan ilmu juga banyak prakteknya dan materi yg dijelaskan itu sangat terperinci dan jelas.

    BalasHapus
  44. Halo saya putra asal Magetan kegiatan seperti ini mengajarkan kita tentang melatih kepercayaan diri dan semangat belajar itu juga perlu.

    BalasHapus
  45. Hai saya m.putra wasista selama kuliah di monas kita selalu praktek setiap hari dan supaya melatih mental kita untuk bekerja di dunia industri

    BalasHapus
  46. Hallo nama saya virdha setelah mengikuti perkuliahan ini selama beberapa bulan ternyata menyenangkan dan juga seru kalau g percaya ayo mampir ke monas culinary

    BalasHapus
  47. Saya novrita awuy, dalam silabus pastry based product kami membahasa berbagai resep pie dan tart. Ada begitu banyak pie dan tart dengan berbagai variasi dan rasa, dari yang asin sampai manis. Dan silabus ini sangat menambah wawasan kami mengenai pastry based product.

    BalasHapus
  48. hai saya Salwa dari kediri, selama kuliah disini aku merasa sangat enjoy dan senang karena semuanya baik apalagi saat praktek semuanya belajar tapi tetep seru dan tidak membosankan

    BalasHapus
  49. hai kenalin saya salwa asal kediri, dosen pengajar dimonas semuanya berpengalaman dan hebat jadi semua yang diajarkan disini sangat membantu.

    BalasHapus
  50. Halo saya Salwa asal kediri, dimonas kita belajar mendekorasi kue ulang tahun, kue pernikahan dan itu juga sangat melatih kesabaran.

    BalasHapus
  51. Nama saya Salwa, asal kediri. seperti di atas mengajarkan kita tentang kerjasama tim dan tanggung jawab dalam membuat sebuah prodak, sehingga jika sudah berada dalam dunia kerja kita bisa mempunya kerja tim yang bagus

    BalasHapus
  52. Haiii, saya Ertauli Panjaitan asal Blitar, Jawa Timur. Dosen disini sangat membantu dalam praktek sehari-hari jika kita merasa kebingungan bisa langsung bertanya nantinya akan dijawab dengan jelas dan dipraktekkan.

    BalasHapus
  53. Halo nama saya wilson asal dari medan, di Monas kami di ajari bagaimana cara menghitung cos, membuat standar recipe dan membuat berbagai produk

    BalasHapus
  54. kita juga diajari cara mengatur waktu dengan baik dan kerja sama dengan baik. sehingga kita bisa menyelesaikan produk yang kita mau dengan tepat waktu

    BalasHapus
  55. Hai nama saya Dyah virdha ayu rachma dari tulungagung Jawa Timur disini kita diajarkan bekerja secara tim dan berkerja sama satu sama lain melatih tanggung jawab juga satu sama lain.

    BalasHapus
  56. Disini diajarkan cara membuat pie berbagai jenis pie mulai manis dan asin, ternyata adan variasi rasa serta bentuk yg ada yg bisa dipelajari disini sangat menyenangkan belajar bersama.

    BalasHapus
  57. Di sini juga kita di ajarkan membuat palting yang bagus dan yang sesuai dengan kreasi kita masing-masing, kita juga belajar bagaimana kerjasama dengan tim, melatih mental, tanggung jawab ketika Kita bekerja di industri dengan orang-orang yang belum pernah kita temui sehari-hari.

    BalasHapus
  58. Halo nama saya Alicia asal Surabaya di materi decoration & wedding cake ini saya banyak mendapat wawasan dari mengcover dan mendekor cake, butuh kesabaran dan harus fokus dalam mendekor cake.

    BalasHapus
  59. Halo saya Alicia dari Surabaya, MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY memiliki caranya sendiri dalam melatih kemampuan mahasiswanya, dimana kita sebagai mahasiswa setiap harinya teori dan mempraktekkan beberapa menu.

    BalasHapus
  60. saya aurel asal jayapura, kuliah dimonas sangat seru dan menyenangkan materi yang dibahas semua dipraktekan sehingga semuanya bisa paham betul bukan hanya sekedar materi tetapi praktek juga

    BalasHapus
  61. Kuliah di Monas juga di berikan keterangan yang sangat leluasa dari makanan Indonesia sampai mancanegara, dan kita juga bisa mengetahui history dari beberapa makanan yang telah di ajarkan para dosen.

    BalasHapus
  62. Di Monas itu belajar juga bisa bertemu teman-teman yg seru, dan bisa bergurau, pokonya kuliah di Monas sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  63. Hay saya iqbal saya dari Samarinda,
    Di syllabus ini yang awalnya saya kira akan susah memahaminya ternyata tidak karna penjelasan dari dosen yang mudah dipahami, di saat kita bingung mempraktekkan dosen nya sangat membantu

    BalasHapus
  64. Hallo Nama saya uswatun hasanah asal saya dari lamongan, saya sangat senang sekali menjadi mahasiswa dimonas culinary ini disini kita diajarkan banyak hal tentang tenik teknik pembuatan berbagai macam bakery

    BalasHapus