Senin, 07 Juni 2021

Silabus French Cuisine-Program Culinary Arts

Prancis memiliki sejarah kuliner yang panjang. Pada abad ke-15, Catherine de Medici dari Italia pindah ke Prancis untuk menikahi Henry duc d’Orleans (bakal Raja Henry II), dengan membawa buku-buku masak Firenze yang berisi resep-resep masakan Italia.Pada saat itu, Prancis belum dikenal akan tradisi kulinernya. Catherine membawa para ahli masak dari Italia dan memperkenalkan banyak jenis masakan, cara penyajian dan aturan persiapan makan malam ke Prancis. Dalam tahun-tahun berikutnya, bangsa Prancis mulai menciptakan masakan yang penuh warna dan cita rasa yang inovatif.Walaupun saat ini Prancis dan Italia telah mengembangkan tradisi kuliner yang sangat berbeda, tetapi sebenarnya awal mula budaya kuliner Prancis banyak dipengaruhi dari masa tersebut.




Pada tahun 1652, sebuah buku masak pertama Prancis bernama Le Cuisine François ditulis oleh koki terkenal bernama La Varenne.Buku tersebut menjadi bukti bahwa tradisi kuliner Prancis sudah menjadi bagian penting dalam budaya masak dan makan malam di Eropa.Buku itu memberikan penjelasan mengenai metode penyajian, termasuk cara membuat roux, masakan yang terbuat dari campuran tepung dan mentega untuk mengentalkan sup dan saus.Sebelum roux ditemukan, cara orang Prancis untuk mengentalkan sup hanya dengan mencampurkannya dengan roti.






Masakan Prancis mengalami perubahan besar pada abad ke-20.Metode kuliner haute berkembang pesat dan dikenal akan cara penyajiannya yang rumit dan saksama.Kemunculan masakan baru (nouvelle cuisine) dimulai pada tahun 1970-an menggeser kepopuleran masakan klasik yang rumit. Ciri khas masakan baru ini adalah penggunaan saus krim dan berfokus pada rasa yang murni tanpa menggunakan banyak bahan masakan.[Metode ini memengaruhi masakan Prancis sampai sekarang, yang dapat dilihat dengan cara penyajian yang lebih fleksibel dan banyak bereksperimen dengan citarasa non tradisional.

Masakan Prancis modern berawal dari masa Perang Dunia I.Sistem transportasi yang semakin baik di paruh pertama abad ke-20 ikut memopulerkan kedua jenis kuliner kelas atas dan daerah yang sebelumnya terpisah. Pasca Perang Dunia II, industri pariwisata berkembang pesat dan menyebabkan masakan-masakan khusus telah dapat dinikmati warga dengan harga yang terjangkau.






Pingin jadi Chef, consultant, Technical , Restaurant Business, Joint Cruise ship,Monas Pasific Culinary Academy tempatnya

kenapa harus memilih kuliah di MONAS???

Jawabannya sederhana saja,

Karena MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY

PERTAMA dan SATU SATUNYA perguruan tinggi KULINER di INDONESIA yang diakui pemerintah dan memiliki IJIN DIKTI selain itu MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY juga TERAKREDITASI, KEUNGGULAN LAINNYA ADALAH PRAKTEK SETIAP HARI 4 RESEP.

Mana ada yang kayak monas, setiap hari praktek 4 resep, seminggu 20 resep, sebulan 80 resep..lah setahun? hitung sendiri ya......

Need more information...

Monas Pacific Culinary Academy

Ijin DIKTI no 198/D/O/2003

Jl. Bratang Binangun no 37 Surabaya, 60284

Tlp.082141199501, FB: Teguh Susanto, WA: 082141199501 Atau bisa juga WA di 085280008737







31 komentar:

  1. Salah satu sylabus yang menurut saya kebanyakan menunya masih asing di telinga yaitu French Cuisine. Mulai dari bumbu yang cukup sederhana namun sudah cukup untuk membumbui masakan asal Perancis ini. Lalu juga berbagai macam sup yang sering menggunakan cream sebagai bahan utamanya. Tapi dari sini saya akhirnya bisa mengenal berbagai macam masakan asing ini.
    Saya Gian Apridianti dari Sidoarjo.

    BalasHapus
  2. Saya Yoga Arif Dari Kab.Kutai Timur sylabus french cuisine ialah pembelajaran culinary yang asing bagi orang yang tinggal di indonesia seperti saya. Tapi ketika saya mengenal dan mempelajari membuat kuliner ini penuh dengan yang elegan, penuh warna, kadang-kadang kedaerahan. Selain itu, juga telah dikenal akan kelezatannya dan merupakan golongan kuliner yang rumit dan menantang untuk dikuasai.

    BalasHapus
  3. Di sylabus ini kita di ajarkan memasak hidangan yang kebanyakan sedikit asing bagi kita warga asia,yaitu masakan dari french atau Prancis,dengan cita rasa yang kebanyakan gurih,creamy yang sebenarnya sangat cocok bagi lidah kita menurut saya,dengan adanya sylabus ini saya menjadi bertambah pengetahuannya akan berbagai cuisine di berbagai bagian dunia
    Ashila dari PangkalanBun

    BalasHapus
  4. Di sylabus ini kita diajarkan tentang tata tata memasak dan dan penyajian hidangan dari perancis, dimana makanan disana lebih dominan dengan rasa creamy dan gurih menjadikannya sebuah pembelajaran untuk kita kita asia bahwa rasa itu begitu luas.

    Briyan glory
    Jember.

    BalasHapus
  5. Syarif surabaya
    Di mata kuliah ini kami mendapat ilmu pengetahuan yang dapat membantu kami mengenal french cuisine dan juga kami dapat lebih berkreasi dalam plating karena disajikan secara plated

    BalasHapus
  6. pada materi ini sedikit banyak pertanyaan saya akan french cuisine telah terjawab. awalnya cuman liat di film ratatouille dan pada akhirnya saya mendapat meteri ini. saya akhirnya tau perbandingan rasa masakan indonesia dan prancis.
    Elang dendy, surabaya.

    BalasHapus
  7. Saya Nicky Nainggolan dari Sidikalang.
    Silabus ini adalah materi yanh menarik, dimana kita mempelajari hidangan prancis dengan hidangan yang gurih,creamy dan gaya hidangan yang klasik. Dengan ini kiya menjadi menambah wawasan dan explore rasa yang manarik dari hidangan prancis ini, dan diajarkan juga dengan potongan-potongan yang harus rapi agar hidangan menarik.

    BalasHapus
  8. dalam silabus ini merupakan materi yang menarik bagi saya. meskipun masih asing dengan rasa dan bumbu" masakannya saya jadi tahu perbedaan cita rasa perancis dan Indonesia. cita rasanya yang dominan gurih dan creamy menurut saya dapat di terima di lidah masyarakat Indonesia. kita juga diajarkan cara plating klasik namun terlihat elegan
    nadine dari surabaya

    BalasHapus
  9. Pada silabus ini, para mahasiswa belajar tentang masakan French yang biasanya berbahan dasar rempah prancis, gurih, creamy, dan seafood. Dengan ini para mahasiswa bisa menguasai citarasa dan keanggunan makanan French.

    Arvel Luis
    SMAK St.Agnes

    BalasHapus
  10. Di sylabus ini kita di ajarkan memasak hidangan yang kebanyakan sedikit asing bagi kita warga asia,yaitu masakan dari french atau Prancis,dengan cita rasa yang kebanyakan gurih,creamy yang sebenarnya sangat cocok bagi lidah kita menurut saya,Dengan ini kita menjadi menambah wawasan dan explore rasa yang manarik dari hidangan prancis ini, dan diajarkan juga dengan potongan-potongan yang harus rapi agar hidangan menarik.

    Moh fajrul falah
    Pekalongan

    BalasHapus
  11. nah di silabus French Cuisine ini kita mempelajari teknik dan mengenal cita rasa hidangan yang gurih,creamy dan gaya hidangan yang klasik.

    Iqbal Anfasa Pratama
    Kab. Blora

    BalasHapus
  12. Dalam silabus ini merupakan materi yang menarik bagi saya. meskipun masih asing dengan rasa dan bumbu" masakannya saya jadi tahu perbedaan cita rasa perancis dan Indonesia dan menarik perhatian saya yg selama ini nonton di filim ratatoulle

    Aprilmus jevian
    Rote Nusa Tenggara Timur

    BalasHapus
  13. Untuk sylabus ini sebuah hal yang menarik. Dikarenakan masakan-masakan pada French cuisine masih terdengar asing dan juga masakan dengan cita rasa yang gurih dan creamy.

    BalasHapus
  14. Saya Nicky Nainggolan dari Sidikalang.
    Silabus ini adalah materi yanh menarik, dimana kita mempelajari hidangan prancis dengan hidangan yang gurih,creamy dan gaya hidangan yang klasik. Dengan ini kiya menjadi menambah wawasan kuliner kita dan explore rasa yang manarik dari hidangan prancis, dan diajarkan juga dengan potongan-potongan yang harus rapi agar hidangan menarik.

    BalasHapus
  15. Saya briyan glory dari jember berasumsi bahwa french cuisine adalah silabus yanh menarik, kita mempelajari hidangan perancis yang memiliki rasa, tekstur dan bahan berbeda jauh dengan indonesia. Sehingga pengetahuan kita tentang dunia masak bertambah

    BalasHapus
  16. Selama saya belajar di culinary french cuisine merupakan sylabus yang cukup menarik jika dipelajari, karena dari bahan dasar, teknik memasak, tekstur serta rasa makanan yang dimiliki french tentu juga memiliki perbedaan dari masakan indonesia yang lebih kaya akan rempah rempahnya

    BalasHapus
  17. Saya moh fajrul falah asal pekalongan, Di sylabus ini kita di ajarkan memasak hidangan yang kebanyakan sedikit asing bagi kita warga asia,yaitu masakan dari french atau Prancis,dengan cita rasa yang kebanyakan gurih,creamy yang sebenarnya sangat cocok bagi lidah kita menurut saya,Dengan ini kita menjadi menambah wawasan dan explore rasa yang manarik dari hidangan prancis ini, dan diajarkan juga dengan potongan-potongan yang harus rapi agar hidangan menarik.Dengan ini para mahasiswa bisa menguasai citarasa dan keanggunan makanan French.

    BalasHapus
  18. saya atthaya nadine aurelia dari surabaya. dalam silabus ini merupakan materi yang menarik bagi saya. meskipun masih asing dengan rasa dan bumbu" masakannya saya jadi tahu perbedaan cita rasa perancis dan Indonesia. cita rasanya yang dominan gurih dan creamy menurut saya dapat di terima di lidah masyarakat Indonesia. kita juga diajarkan cara plating klasik namun terlihat elegan

    BalasHapus
  19. Saya Triana Octaviani dari Situbondo. Belajar French cuisine dengan nama menu yang masih asing ditelinga membuat saya excited belajar silabus ini. Dengan dosen yg profesional di bidang ini sangat mudah dimengerti.

    BalasHapus
  20. silabus french cuisine merupakan salah satu silabus yang sangat mengasikkan, karena di silabus ini selain kita tau dari sejarah cuisine tersebut, kita juga belajar teknik plating yang baik dan benar

    shafinaz aramadhani
    surabaya

    BalasHapus
  21. Salah satu elemen penting dalam masakan French Cuisine selain teknik memasak adalah teknik memotong. Dosen pengajar di kelas Culinary Arts selalu berpesan kepada mahasiswa bahwa estetika dalam French Cuisine sangatlah penting. Maka dari itu teknik memotong akan sangat berpengaruh pada proses plating nantinya. Dengan menguasai teknik memotong yang baik maka hasil platingan akan bagus dan estetik.

    Yonathan Adi Wijaya
    SMA Kanisius
    Kudus

    BalasHapus
  22. Saya jody dari bojonegoro pada waktu saya masih belajar di MPCA saya sangat suka dengan silabus ini karena pada silabus ini kita diajarkan layaknya bekerja di hotel/restoran yang sangat ramai jadi kita harus pandai2 mengelola time management

    BalasHapus
  23. Silabus yang sebenarnya hanya memerlukan sedikit bahan dan bumbu di dalamnya. Tapi teknik dan skill yang diperlukan di French Cuisine ini. Karena salah sedikit kita mengolahnya sudah bisa dipastikan rasa dan tampilan makanan tidak sesuai dengan normal.

    Kelvin Alexya Erlangga
    SMAN 1 Magetan

    BalasHapus
  24. Di sylabus ini saya belajar cara membuat risoto yang awalnya vuman bisa liat di youtube di tv tapi sekarang saya sdh bisa memasak risoto dengan konsistensi yang baik

    Aprilmus jefian
    sma n 1 lobalain

    BalasHapus
  25. dalam silabus ini merupakan materi yang menarik bagi saya. meskipun masih asing dengan rasa dan bumbu" masakannya saya jadi tahu perbedaan cita rasa perancis dan Indonesia. cita rasanya yang dominan gurih dan creamy menurut saya dapat di terima di lidah masyarakat Indonesia. kita juga diajarkan cara plating klasik namun terlihat elegan

    elang dendy
    saim

    BalasHapus
  26. Saya Nicky Nainggolan lulusan SMAN 1 Sidikalang.
    Syllabus french cuisine adalah salah satu cuisine favorit saya. Dengan teknik memasak yang baru saya ketahui dan pastinya unik. Disini saya lebih teliti dalam menjaga potongan-potongan sayuran karena dalam french cuisine dikenal dengan kerapian condiment dalam menghidangkan sebuah makanan. Disini saya mendapat lebih cita rasa baru dan wawasan dalam pengetahuan saya dalam kuliner.

    BalasHapus
  27. Hai saya indah Alfira berasal dari medan. Di sylabus ini kita diajarkan tentang tata cara memasak dan dan penyajian hidangan dari perancis, dimana makanan disana lebih dominan dengan rasa creamy dan gurih menjadikannya sebuah pembelajaran untuk kita kita asia bahwa rasa itu begitu luas.

    BalasHapus
  28. Saya briyan dari jember, di sylabus ini kita dapat ilmu tentang pembuatan risotto dan berbagai sup khas perancis yang bosa kita nikmati sembari di sore hari. Karena sylabus ini bukan hanya mengajarkan tentang resep khas prancis namun juga sejarah dan budayanya

    BalasHapus
  29. Saya ariel dari Surabaya Untuk sylabus ini sebuah hal yang menarik. Dikarenakan masakan-masakan pada French cuisine masih terdengar asing dan juga masakan dengan cita rasa yang gurih dan creamy

    BalasHapus
  30. Saya Dechintya Putri Alfadhani dari Sidoarjo. Disyllabus ini kita diajarkan cara membuat masakan dari Perancis dengan benar dan menarik, mengenalkan kepada kita juga macam-macam bumbu yang digunakan dalam masakan Perancis.

    BalasHapus
  31. Selain itu kita juga belajar sejarahnya dan teknik-teknik membuatnya contohnya seperti berbagaimacam potongan bahan-bahan masakan hingga menyajikannya serta cara mempertahankan cita rasa yang khas.

    BalasHapus