Minggu, 20 Juni 2021

Silabus garde manger-culinary arts juni 2021

Garde Manager adalah suatu seksi yang ada di main kitchen yang bertugas untuk membuat aneka makanan dingin,mulai dari appetizer,soup,main course sampai dessert

Berikut ini adalah hidangan2 yang dibuat oleh Garde Manager:

*Appetizer:Aneka macam salad,sandwich/canapé

*Soup:Aneka macam soup dingin seperti consommé

*Main Course:Aneka Macam makanan utama dingin

*Dessert:Aneka macam hidangan penutup dingin








Pada seksi Garde Manager juga terdapat sub seksi yaitu:

*Butcher:Suatu seksi yang bertugas mengolah beraneka macam daging seperti chicken,beff,lamb,seafood etc

Adapun tugas2 Garde Manager adalah

1.Membuat aneka macam makanan dingin(cold food)
2.Membuat aneka macam saus2 dingin
3.membuat aneka macam makanan untuk cold buffet & cocktail party
4.menghias makanan sebelum dihidangkan
5.membuat garnish









Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana dan seperti apa berkarir di industri kuliner atau kalian ingin menjadi seorang foodpreanur kalian bisa menghubungi kami akademi kuliner monas pasifik surabaya.
kenapa harus memilih kuliah di MONAS???

Jawabannya sederhana saja,

Karena MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY

PERTAMA dan SATU SATUNYA perguruan tinggi KULINER di INDONESIA yang diakui pemerintah dan memiliki IJIN DIKTI selain itu MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY juga TERAKREDITASI, KEUNGGULAN LAINNYA ADALAH PRAKTEK SETIAP HARI 4 RESEP.

Mana ada yang kayak monas, setiap hari praktek 4 resep, seminggu 20 resep, sebulan 80 resep..lah setahun? hitung sendiri ya......

Need more information...

Monas Pacific Culinary Academy

Ijin DIKTI no 198/D/O/2003

Jl. Bratang Binangun no 37 Surabaya, 60284

Tlp.082141199501, FB: Teguh Susanto, WA: 082141199501 Atau bisa juga WA di 085280008737



56 komentar:

  1. Salah satu sajian yang cukup simple dalam pembuatan nya yaitu pada sylabus garden manger. Menu yang di tawarkan juga cukup beragam sehingga kita bisa tau varian dari sandwich, appetizer, main course, soup dan dessert.
    Saya Gian Apridianti dari Sidoarjo.

    BalasHapus
  2. Saya Yoga Arif Dari Kab.Kutai Timur sylabus ini merupakan kegiatan untuk kreativitas pada buah dan sayuran yang akan diukir dan ditampilkan pada makanan dingin dan syalbus ini juga mengajarkan kita untuk membuat beragam varian seperti, sandiwch, soup, dan dessert.

    BalasHapus
  3. Saya briyan glory dari jember! Canape dan sandwich merupakan makanan pembuka yang sangat berperan penting dalam suatu perjamuan makan, appetizer akan mulai membuat nafsu makan meningkat. Sehingga saat main course tiba kita akan tetap menikmatinya dengan penuh nikmat!!

    BalasHapus
  4. Saya Ashila dari Pangkalanbun,di sini kita di ajarkan cara curved buah dan sayur atau juga biasa di kenal dengan seni ukir bisa pada buah dan juga beberapa sayuran,juga tidak lupa berbagai hidangan yang sangat nikmat dengan size yang relatif kecil atau yang bisa kita sebut bite size membuat kita para mahasiswa manjadi bertambah pengetahuannya dan kreatifitas nya

    BalasHapus
  5. garde manger ialah sajian dengan ukuran kecil atau one bite size yang disaikan di suatu acara maupun yang lain, selain garde manger adapun hidangan yang menyerupai seperti amuse bouche dan hors d'oeuvre, meskipun hidangan ini cukup simpel akan tetai memerlukan ketelitian dan kesabaran.
    saya Tommy fathoni dari Jember Ambulu,

    BalasHapus
  6. Saya syarif dari surabaya
    Materi ini melatihkami untuk mengasah kelihaian dalam menggunakan pisau untuk mengcarving buah sayur dan juga menambah ilmu pengetahuan tentang garde manger

    BalasHapus
  7. dalam materi ini menurut saya sangat menarik. karena carving buah dan sayuran itu ternyata cukup sulit, namun menyenangkan. pada materi ini saya belajar bahwa seni tidak hanya pada kanvas namun dapat kita lakukan juga pada makanan.
    Elang dendy, surabaya.

    BalasHapus
  8. Nadhiyatul Hikmah9 Juli 2021 pukul 06.45

    saya Nadhiyatul Hikmah dari Aceh, silabus ini adalah salah satu silabus yang memerlukan ketelitian dan tingkat kesabaran yang sangat tinggi. disini diajarkan curving buah dan sayuryang menurut saya sangat rumit tapi juga sangat menyenangkan. kemudian belajar beberapa hidangan one bite size lainnya seperti canape.

    BalasHapus
  9. Saya Nicky nainggolan dari Sidikalang.
    Dengan silabus ini lebih mengenal dengan hidangan dingin,salad dan jenis" dressing, makanan simpel seperti amuse bouche hors d'oeuvre dan cara curving buah dengan bentuk" yang unik untuk garnish, sungguh silabus ini adalah materi yang sangar menarik.

    BalasHapus
  10. Appetizer memiliki peranan penting dalam perjamuan makan. Karena hidangan-hidangan selanjutnya juga berpengaruh dari hidangan pembuka. Hidangan pembuka haruslah membuat para tamu terkesima dan menunjang nafsu makan. Sehingga para tamu akan memiliki ekspektasi bahwa hidangan selanjutnya akan benar-benar lebih lezat lagi.

    Yonathan Adi Wijaya
    Kudus

    BalasHapus
  11. Saya Dechintya dari Sidoarjo
    Di materi garde manger ini kita diajarkan curving sayur dan buah-buahan secara teliti. Selain itu disini juga diajarkan cara membuat menu-menu appetizer, main course, soup dan dessert yang mudah dan simple

    BalasHapus
  12. saya nadine dari surabaya
    pada silabus ini kita diajarkan cara mengukir diatas buah dan sayur atau yang biasa disebut curving. curving membutuhkan ketelatenan dan ketelitian agar memperoleh hasil yang bagus.
    selain itu, dalam silabus ini juga diajarkan membuat hidangan one bite size seperti canape

    BalasHapus
  13. Pada silabus ini, para mahasiswa diajarkan tata cara urutan makanan yang berawal dari appetizer, soup, main course, and dessert. Dengan ini, mahasiswa bisa menangani masakan pada restaurant fine dining tanpa kebingungan.

    Arvel Luis
    SMAK St.Agnes

    BalasHapus
  14. Silabus yang mengajarkan kita cara menata makanan pembuka sampai penutup dengan baik dan benar. Di Monas Academy sendiri juga diajarkan kita mengcarving atau menghias sayur dan buah dengan teknik yang baik dan benar dan juga indah di pandang

    Kelvin Alexya Erlangg
    Magetan

    BalasHapus
  15. yang menarik dari materi ini disamping kita membuat hidangan dingin,salad dan jenis-jenis dressing, makanan simpel seperti amuse bouche hors d'oeuvre,kita diajarkan bagaimana curving bahan makanan seperti buah-buahan

    Iqbal Anfasa Pratama
    Kab. Blora

    BalasHapus
  16. Di materi garde manger ini kita diajarkan curving sayur dan buah-buahan secara teliti. Di Monas Academy sendiri juga diajarkan kita mengcarving atau menghias sayur dan buah dengan teknik yang baik dan benar dan juga indah di pandang Selain itu disini juga diajarkan cara membuat menu-menu appetizer, main course, soup dan dessert yang mudah

    Moh fajrul falah
    Pekalongan

    BalasHapus
  17. Disylabus ini kita belajar tentang carving buat belajar tentang bagaimana membuat karya seni di atas buat menguba bentuk buah menjadi bunga dan bentuk bentuk yang sangat cantik

    Aprilmus jevian
    Rote , Nusa Tenggara Timur

    BalasHapus
  18. Di sylabus garde manger selain diajari tentang carving yang melatih keterampilan dan kesabaran, kita juga diajari tentang cara membuat appetizer, main course, soup, dessert, seperti: salad, canape dan pudding.

    BalasHapus
  19. Hai!saya Natasya Nucifera dari Krayan Kalimantan Utara.
    Saya mahasiswa baru di Monas untuk saat ini saya belum tau apa itu Silabus Garde Manger.Namun saya pernah baca di artikel,berikut ini adalah hidangan-hidangan yang di buat oleh Garde Manger yaitu Appetizer,Soup,Main Course,Dessert

    BalasHapus
  20. Saya YANUAR RAFIF RIZQULLAH dari Gresik
    Di sylabus Garde manger saya belum begitu paham tapi setelah saya mencari di internet dan baca baca buku saya mulai paham Dengan ini
    Berikut adalah hidangan hidangan yang dibuat oleh Garde manger adalah appetizer suop main course dan dessert

    BalasHapus
  21. Saya athaya adeev rabbani senang bisa diterima di monas ini karena memang dari awal aku bertujuan untuk mengambil kuliah disini, proses pembelajarannya sangat menyenangkan walaupun hanya bisa belajar secara online bagiku yang terpenting saat ini adalah keselamatan dan kesehatan semua warga Indonesia , tapi tak ada masalah walaupun daring kita bisa berkenalan dengan teman baru . Mungkin generasi angkatanku tahun 2021 ini harus bersabar terlebih dahulu. Mungkin, kami sedang diuji dan harus bersabar melewati pandemi Covid-19 ini.

    BalasHapus
  22. Halo saya Anggi Avita Da Tista dari Surabaya. Saya mahasiswi baru di Monas Pacific Culinary Academy. Saya belum terlalu paham tentang silabus Garde Manger-Culinary Arts dikarenakan saya belum memasuki materi tersebut. Tetapi dosen saya pernah menjelaskan sedikit tentang Garde Manger, jadi saya mengetahui sedikit tentang arti Garde Manger. Walaupun saya memang belum mengetahui banyak hal, tetapi di Monas saya di ajari hingga saya menjadi tahu banyak hal.

    BalasHapus
  23. Hai saya Septiani Rizkina Kaban dari Medan. Saat ini saya sebagai mahasiswi baru di Monas Pasific kulinary academy. Seru banget masuk di sini, dosenya juga baik, ayo bergabung bersama kami di Monas.

    BalasHapus
  24. Hai saya Sisilia Yance dari Kukar. Saat ini saya sebagai mahasiswi baru di Monas Pasific Kulinary academy, Sebagai mahasiswi baru saya merasa belajar di sini sangat seru, dan dapat membantu saya mencapai impian saya, ayo bergabung bersama kami di monas.

    BalasHapus
  25. Halo saya Uswatun Hasanah dari Lamongan Saat ini saya sebagai mahasiswi baru di Monas Pacific Culinary Academy. Asik banget masuk sini. Dosennya juga baik-baik. Ayo segera bergabung dengan kami di Monas.

    BalasHapus
  26. Hai saya Athaya Adeev asal Semarang saat ini saya sebagai mahasiswa baru di Monas Pasific,kampusnya enak dengan dosen pembimbing yang baik.Daftarkan segera diri anda kesini karena kampus yang baik dengan pengajaran yang baik

    BalasHapus
  27. Saya jonathan dari kediri, ujian ini dpt membantu kita saat bekerja nanti di industri karena secara garis besar hampir sama dengan realita nanti dipekerjaan

    BalasHapus
  28. Saya Tifa asal Tegal Monas Pasific culinary ini termasuk kampus yang luar biasa dari segi apapun, baik dari proses belajar nya, juga dosen nya yang asik² juga metode pembelajaran juga sangat menarik. Monas dapat membantu anda yang ingin terjun di bidang kuliner... Karna di sini kita akan di ajarkan dari dasarnya..

    BalasHapus
  29. Bagi saya garden manger sebuah hidangan yang cukup simpel untuk dibuat, tetapi pada saat materi garden manger kita diberikan challenge yang cukup menguras tenaga. Tapi benar-benar itu adalah pengalaman yang sangat menarik untuk saya. Dan juga selain tentang resep yang ada di garden manger, kita diajarkan untuk carving pada buah dan sayuran yang dimana kita mengukir sayur dan buah tersebut menjadi bunga dll.

    BalasHapus
  30. Hai saya Natasya Nucifera dari Kaltara. Saya mahasiswi baru di Monas Pacific Culinary Academy. Saya belum tahu tentang Silabus Garde Manger,karena saya belum mengetahui materinya.tapi saya yakin ini pasti sangat seru karena kita akan mengcarving buah dan sayur.

    BalasHapus
  31. Hai saya MOHAMAD FAIRUZ GUSTIN ABDIEL asal dari JEMBER .saya belum tahu tentang silabus materi garde manger tapi pasti kita diajarkan curving sayur dan buah-buahan secara teliti. Di Monas Academy sendiri juga diajarkan kita mengcarving atau menghias sayur dan buah dengan teknik yang baik dan benar dan juga indah di pandang Selain itu disini juga diajarkan cara membuat menu-menu appetizer, main course, soup dan dessert yang mudah

    BalasHapus
  32. Hai saya YANUAR RAFIF RIZQULLAH dari Gresik saya mahasiswa baru di Monas culinary academyini termasuk kampus yang luar biasa dari segi apapun, baik dari proses belajar nya, juga dosen nya yang asik² juga metode pembelajaran juga sangat menarik. Monas dapat membantu anda yang ingin terjun di bidang kuliner... Karna di sini kita akan di ajarkan dari dasarnya

    BalasHapus
  33. Saya Secilya dari NTT, saya sangat excited saat mengikuti praktek di Monas Karna dari yang tidak paham menjadi paham dan mudah di mengerti, banyak hal-hal baru yang saya temukan saat praktek.

    BalasHapus
  34. saya afrizal dari papua, di tema garde manger ini saya rasa sangat seru soalnya menu2 yang di praktekkan itu mulai dari salad, sandwich dll, dan juga saat disajikan sangat cantik, senang sekali rasanya

    BalasHapus
  35. Saya Nicky nainggolan dari Sidikalang.
    Dengan silabus ini lebih mengenal dengan hidangan dingin,salad dan jenis" dressing, makanan simpel seperti amuse bouche hors d'oeuvre dan cara curving buah dengan bentuk" yang unik untuk garnish, sungguh silabus ini adalah materi yang sangar menarik.
    Dan mempelajari penyimpanan atau cara agar sayuran agar selalu segar untuk di hidangkan.

    BalasHapus
  36. hallo semuanya saya tommy fathoni dari Sma Negeri Ambulu Jember, disini saya akan sharing tentang belajar di Monas yang mana sylabus kali ini membahas tentang bagaimana cara menyajikan dan membuat makanan mulai dari appetizer- main course dingin maupun panas. yang mana biasanya disajikan di hotek berbintang 5 dan resto2 mewah yang ada. seru sekali!!

    BalasHapus
  37. Saya briyan glory dari jember, saya yakin tidak banyak orang suk sayur tapi disilabus ini kita akan mengolah segala jenis sayuran menjDi makanan yang lezat bahkan baru bagi kita. Seru sekali belajar hal baru menambah pengalaman

    BalasHapus
  38. Saya Ashila dari Pangkalanbun,disilabus ini kita diajarkan berbagai teknik untuk seni pada buah-buahan serta sayuran,dengan menggunakan pisau khusus kita diajarkan membuat berbagai bentuk dan ukiran,kita diajarkan dengan perlahan sehingga kita akan selalu dipastikan paham akan apa yang disampaikan,disilabus ini juga kita di ajarkan membuat makanan yang size nya kecil dan bisa langsung dimakan sekali hap,yaitu berbagai canape

    BalasHapus
  39. Saya indira mahasiswa MPCA , tahun ini merupakan tahun ke 3 saya belajar di mpca, tepatnya ditahun ke 2 saya belajar di culinary , pada sylabus ini
    belajar serta mempraktekkan carving yang di bimbing oleh dosen dosen yang sudah ahlinya

    BalasHapus
  40. Saya moh fajrul falah dari pekalongan,Di sylabusmateri garde manger ini kita diajarkan curving sayur dan buah-buahan secara teliti. Di Monas Academy sendiri juga diajarkan kita mengcarving atau menghias sayur dan buah dengan teknik yang baik dan benar dan juga indah di pandang ,disylabis ini di bimbing oleh dosen yang sudah ahlinya

    BalasHapus
  41. Saya yudhistira dari tarakan, kalimantan utara.mengajarkan kita cara menata makanan pembuka sampai penutup dengan baik dan benar.kita diajarkan berbagai teknik untuk seni pada buah-buahan serta sayuran,dengan menggunakan pisau khusus kita diajarkan membuat berbagai bentuk dan ukiran.kita diajarkan dengan perlahan sehingga kita akan selalu dipastikan paham akan apa yang disampaikan

    BalasHapus
  42. Saya Triana Octaviani dari Situbondo. Dulu kalau melihat hasil karya carving orang lain kagum banget. Ternyata di Monas juga di ajarkan carving sehingga saya sangat excited belajar silabus ini.

    BalasHapus
  43. Saya Indah Alfira dari Medan. di sini kita di ajarkan cara curved buah dan sayur atau juga biasa di kenal dengan seni ukir bisa pada buah dan juga beberapa sayuran,juga tidak lupa berbagai hidangan yang sangat nikmat dengan size yang relatif kecil atau yang bisa kita sebut bite size.

    BalasHapus
  44. Saya Marlina dari Ntt, di sillabus ini kita di pekenalkan dengan curved buah dan sayur atau lebih di kenal dengan teknik ukir di sini kita di perkenalkan dari alat jenis pisau yang bisa di ukir kemudian buah dan sayaur yang bisa di ukir ,dan teknik " untuk mengukir .

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. silabus garde manger merupakan salah satu silabus kuliner yang merupakan cold kitchen. di silabus ini kita diajarkan membuat berbagai macam appetizer dan terdapat pelajaran mengcarving buah dan sayur.?

    shafinaz ramadhani
    surabaya

    BalasHapus
  47. Menurut saya disilabus ini kesabaran kita diuji, karena kita harus mengcarving buah atau sayuran menjadi bentuk yang indah dengan hanya pisau kecil dengan sudut yang lancip. Tetapi dengan begitu kita bisa melatih ketelitian dan kelihaian jari kita untuk membentuk pola pada buah.

    Kelvin Alexya Erlangga
    SMAN 1 Magetan

    BalasHapus
  48. Pembelajaran pada sylabus garde manger ini kita diajarkan curving sayur dan buah-buahan secara teliti dengan teknik yang baik dan benar. Selain itu, disini juga diajarkan cara membuat menu-menu appetizer, main course, soup dan dessert yang mudah

    Yoga Arif Sujatmiko
    SMAN 1 Bengalon
    Kutai Timur

    BalasHapus
  49. Disilabus ini kita diajarkan berbagai teknik untuk seni pada buah-buahan serta sayuran,dengan menggunakan pisau khusus kita diajarkan membuat berbagai bentuk dan ukiran,kita diajarkan dengan perlahan sehingga kita akan selalu dipastikan paham akan apa yang disampaikan

    Aprilmus jefian
    Sma N 1 lobalain

    BalasHapus
  50. dalam materi ini menurut saya sangat menarik. karena carving buah dan sayuran itu ternyata cukup sulit, namun menyenangkan. pada materi ini saya belajar bahwa seni tidak hanya pada kanvas namun dapat kita lakukan juga pada makanan.
    Elang dendy
    saim

    BalasHapus
  51. dalam materi ini banyak di lajarkan ttg gdm dan membutuhkan kreatifitas yang tinggi karena banyak menghias mulai dr plating dan mengcarving buah buahan

    BalasHapus
  52. Saya Nicky Nainggolan lulusan SMA Negeri 1 Sidikalang. Pada syllabus ini akan di terapkan pada mata kuliah kuliner, dengan penuh tantangan dan kelugasan. Dimana kita akan mempelajari jenis-jenis potongan pada dunia industri kuliner yang jarang kita ketahui atau curving buah dan sayuran dengan berbagai bentuk yang unik. Tidak hanya itu kita akan diberikan keleluasaan dalam menuangkan kreatifutas kita.

    BalasHapus
  53. Menjadi makanan pembuka adalah titik utama dalam setiap hidangan besar, karena sangat berpengaruh untuk konsumen maka dari itu silabus ini mengajatkan tentang bagaimana kita dapat membuat dan berkreasi dengan sangat sempurna melalui sayur dan buah buah an
    Saya briyan dari jember

    BalasHapus
  54. Saya Dechintya Putri Alfadhani dari Sidoarjo. Di syllabus garde manger ini kita diajarkan curving sayur dan buah-buahan secara teliti. Darihal itu, bisa disimpulkan bahwa di syllabus ini kita dapat meningkatkan keterampilan berkreasi dengan sayur dan buah-buahan hingga hasil yang sempurna.

    BalasHapus
  55. Selain curving kita juga diajarkan cara membuat appetizer, soup, main course, dan appetizer yang simple dan menarik.

    BalasHapus