Kamis, 24 Juni 2021

Silabus Ice Cream,Sherbets And Sorbet-Juni 2021

Sejarah kemunculan es krim yang pertama, dipercaya datang dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero, Romawi tahun 64 M. Diceritakan bahwa saat itu Kaisar Nero menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian dibuatkan kombinasi antara salju halus, nektar, sirop buah, dan madu.





Cerita lainnya mengatakan sekitar tahun 1254 M, Marcopolo yang baru kembali dari Cina, membawa oleh-oleh cara pembuatan es krim. Saat itu, sebenarnya di Italia sendiri sudah dikenal jenis es tersebut dari sirop khas Italia. Dengan tangan dingin Marcopolo, es sirop Italian tersebut mengalami modifikasi. Rasanya yang enak membuat es sirop ini menjadi favorit banyak orang dan menyebar ke negara Eropa lainnya.






Pada 1670, Francisco Procopion dari Sisilia, Italia mempopulerkan es krim dengan membuka kafe di Perancis. Francisco Procopion menjual es dan serbat. Serbat adalah minuman tradisional yang diramu dari bahan-bahan alami.  Tempat tersebut menjadi sangat populer pada waktu itu, karena banyak orang-orang yang suka. Perkembangan es krim semakin pesat. Pada 1676 ada sekitar 250 pembuat es di ibu kota Perancis, yakni Paris. Torton, salah satu pemilik kafe di Paris pada akhir abad ke-18, dikenal sebagai sosok yang mengembangkan es krim Keberadaan es krim kemudian merambah dan berkembang di Amerika setelah dibawa para imigran.




Di Amerika Serikat, es krim disajikan oleh George Washington, Thomas Jefferson, dan Dolley Madison sebagai makanan penutup. Pada 1874, Philadelphia menjadi pusat pembuatan es krim di Amerika Serikat. Soda es krim ditemukan di sana. Sementara kerucut es krim yang ringan, berasal dari Pameran Dunia 1904 di St. Louis, Missouri, Amerik Serikat. Es krim komersial dibuat dengan menggabungkan bahan-bahan, seperti susu, krim, sirup. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanaskan dan dikombinasikan dengan bahan kering, seperti gula, telur kering dan susu. Setelah tercampur kemudian dipasteurisasi (proses pemanasan) dan dihomogenisasi atau beberapa proses yang digunakan untuk membuat campuran menjadi seragam.




Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana dan seperti apa berkarir di industri kuliner atau kalian ingin menjadi seorang foodpreanur kalian bisa menghubungi kami akademi kuliner monas pasifik surabaya.
kenapa harus memilih kuliah di MONAS???

Jawabannya sederhana saja,

Karena MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY

PERTAMA dan SATU SATUNYA perguruan tinggi KULINER di INDONESIA yang diakui pemerintah dan memiliki IJIN DIKTI selain itu MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY juga TERAKREDITASI, KEUNGGULAN LAINNYA ADALAH PRAKTEK SETIAP HARI 4 RESEP.

Mana ada yang kayak monas, setiap hari praktek 4 resep, seminggu 20 resep, sebulan 80 resep..lah setahun? hitung sendiri ya......

Need more information...

Monas Pacific Culinary Academy

Ijin DIKTI no 198/D/O/2003

Jl. Bratang Binangun no 37 Surabaya, 60284

Tlp.082141199501, FB: Teguh Susanto, WA: 082141199501 Atau bisa juga WA di 085280008737








63 komentar:

  1. Saya Triana dari Situbondo. Silabus ice cream merupakan salah satu silabus favorit saya. Selain dosen yang sangat telaten dalam mengajari mahasiswa, resep yang di gunakan juga sangat praktis dan enak!

    BalasHapus
  2. Saya yudhistira dari tarakan, saya paling suka sylabus ini karena kita bisa membuat bermacam macam ice cream dan untuk membuat ice cream ini sangat gampang serta seru dan tentu saja sangat enak.

    BalasHapus
  3. Pada sylabus ini praktek yang di ajarkan sangat mudah yaitu membuat sajian ice cream, sherbets dan sorbet. Para pecinta ice cream dkk pasti sangat menikmati mata kuliah ini. Bahan yang digunakan seperti buah-buahan dan susu serta cream juga fresh, so tidak perlu khawatir.
    Saya Gian Apridianti dari Sidoarjo.

    BalasHapus
  4. Saya Yoga Arif Dari Kab.Kutai Timur sylabus ini adalah kesukaan semua orang dikarenakan rasa yang sangat enak, menyegarkan pada siang hari, dan pembuatan yang mudah dan praktis. Walaupun banyak orang yang tidak suka ice cream ataupun yang lainny

    BalasHapus
  5. Syllabus ice cream, gelato, sherbets dan sorbet salah satu yang digemari oleh mahasiswa Monas. Di syllabus ini kita akan diajarkan bagaimana mengolah sajian tersebut serta apa perbedaannya seperti perbedaan ice cream dan gelato. Tentu saja akan diajarkan bagaimana cara menyajikan ice cream, gelato, sherbets dan sorbet dengan aneka garnish.

    Yonathan
    Kudus

    BalasHapus
  6. Saya briyan glory dari jember! Sylabus ini adalah mata pelajaran terbaik menurut saya, karena selain kita belajar tentang dunia "ice". Kita juga bisa merasakan lembut dan dan manisnya berbagai macam es krim juga

    BalasHapus
  7. Saya Ashila dari Pangkalanbun,di silabus ini kita di ajarkan cara pembuatan berbagai macam ice cream,seperti shorbet,sherbets, yang di variasikan dengan berbagai rasa yang enak dan menarik,serta juga di ajarkan cara menghidangkan hidangan ini dengan baik dan cantik

    BalasHapus
  8. Saya syarif dari surabaya
    Materi ini cukup mudah untuk di pelajari karena yang membedakan adalah cairan yang di gunakan saat membuatnya dan juga penjelasan yang di berikan mudah di pahami

    BalasHapus
  9. pada materi ini tentunya cukup senang, kita bisa ngerasain ice cream buatan sendiri. materinya juga cukup mudah untuk dipahami. untuk pertama kalinya menggunakan mesin pembuat ice cream pada materi ini, cukup menarik.
    Elang dendy, surabaya.

    BalasHapus
  10. Nadhiyatul Hikmah9 Juli 2021 pukul 06.41

    saya Nadhiyatul Hikmah dari Aceh, silabus ini adalah silabus terbaik buat saya, banyak sekali ice cream yang saya buat dan kemudian saya makan ~ bukan cuma ice cream, disini saya juga belajar tentang gelato dan sorbet serta bagaimana cara penyajiannya. silabus ini yang terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu di sillabus ini kita dapat mengenal berbagi macam jenis es cream dengan perpaduan berbagai macam bahan -bahan yang mudah di jumpai dengan teknik penyajian yang menarik dan pastinya es cream yang di hasilkan dengan rasa yang sangat enak .

      Marlina ,Ntt

      Hapus
  11. Saya Nicky Nainggolan dari sidikalang.
    Sebelum masuk monas yang sata tahu itu hanya ada ice cream dan tidak tau itu shorbet dan sherbets, dan tapi semenjak saya mempelajari silabus ini di monas saya menjadi lebih tau perbedaanya. Dan silabus ini sangat menarik karna kita membuat produk ice,sherbets dan shorbet dengan berbagai variasi rasa dan warna yang menarik, sehingga silabus ini sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  12. Saya Indira dari Gresik , selain kita belajar, praktek ,dan berkecimpung di bakery and pastry kita juga belajar tentang silabus favorit mahasiswa MPCA yaitu Silabus Ice Cream,Sherbets And Sorbe

    BalasHapus
  13. Saya Dechintya dari Sidoarjo
    Selain kita belajar di kuliner, bakery dan pastry, kita juga belajar tentang syllabus ice cream, shorbets dan sorbe. Syllabus ini menjadi kita semua

    BalasHapus
  14. saya nadine dari surabaya. silabus ini merupakan silabus paling favorit buat saya. sebelum masuk monas saya hanya mengerti ice cream saja, ternyata banyak jenis kudapan kudapan lain seperti shorbet, sherbet, dan gelato. saya juga jadi tahu cara pembuatan dan perbedaan masing masing kudapan tersebut

    BalasHapus
  15. Disilabus ini para mahasiswa diajarkan cara membuat es krim,gelato,dan sorbet. Mahasiswa juga dapat berlatih menggunakan alat pembuat es krim. Dengan begitu, para mahasiswa dapat membuka usaha es krim sendiri sesudah lulus dari Monas.

    Arvel Luis
    SMAK St.Agnes

    BalasHapus
  16. Mungkin ini menjadi salah satu materi favorit mahasiswa bakery. Karena disini kita bisa mencicipi ice cream, gelato dan sorbet yang dibuat dengan resep yang sudah teruji kelezatannya. Bisa jadi mahsiswa berebut untuk mencicipinya. Itu momen paling dirindukan sih dari saya.

    Kelvin Alexya Erlangga
    Magetan

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. pada materi kali ini yaitu ice cream,sherbets and sorbet dimana kita akan membuat juga mengetahui perbedaanya . ini adalah salah satu silabus favorit baik mahasiswa ataupun mahasiswi

    Iqbal Anfasa Pratama
    Kab. Blora

    BalasHapus
  19. saya paling suka sylabus ini karena kita bisa membuat bermacam macam ice cream dan untuk membuat ice cream ini sangat gampang serta seru dan tentu saja sangat enak.Pada sylabus ini praktek yang di ajarkan sangat mudah. Dan silabus ini sangat menarik karna kita membuat produk ice,sherbets dan shorbet dengan berbagai variasi rasa dan warna yang menarik, sehingga silabus ini sangat menyenangkan.serta juga di ajarkan cara menghidangkan hidangan ini dengan baik dan cantik,

    Moh fajrul falah
    Pekalongan

    BalasHapus
  20. Ini mungkin menjadi salah satu materi paling di gemarin di sylabus ini karna di sylabus inikita belajar tentang cara membuat ice cream berbagai macam rasa

    Aprilmus jefian
    Rote , Nusa tenggara Timur

    BalasHapus
  21. Sylabus ini merupakan sylabus yang saya sukai karena di sylabus ini kita akan diajari mulai dari sejarah, cara membuat, varian rasa dan sebagainya. Tidak hanya ice cream kita juga akan diajari tentang shorbet, sherbet dan gelato. Selain bisa tau cara membuat saya juga jadi tau apa saja perbedaannya.


    Riry widiyanti
    Lamongan

    BalasHapus
  22. Hai!saya Natasya Nucifera dari Krayan Kalimantan Utara.
    Saya mahasiswa baru di Monas untuk saat ini saya belum tau apa itu Silabus Ice Cream,Sherbets and Sorbeth.Tetapi,saya pernah membaca sekilas tentang Sorbet yaitu produk buah yang diblender dengan es, semacam bentuk makan makanan penutup.Kemudian,Sherbet rasanya lebih creamy dengan bahan campuran susu rendah lemak dan teksturnya lebih halus.mungkin kedepannya saya akan praktek tentang apa itu silabus Ice Cream,Sherbets and Sorbets

    BalasHapus
  23. Saya YANUAR RAFIF RIZQULLAH dari Gresik
    Saya sylabus ini adalah yang saya sukai
    Karena membuat ice cream sangat menarik untuk membuatnya dan saya senang sekali selain itu saya bisa membuat berbagai macam dan jenis ice cream semua di monas

    BalasHapus
  24. Hai!saya MOHAMAD FAIRUZ GUSTIN ABDIEL.saya mahasiswa baru diMonas .meskipun belum tahu materi sylabus tapi tahu sedikit membaca salah satu materi yang banyak di sukai mulai anak kecil sampai para remaja yaitu ice cream dan bermacam macam Jenis ice cream juga varian rasa dan warnanya yang sangat menarik.

    BalasHapus
  25. Halo saya Anggi Avita Da Tista dari Surabaya. Saya mahasiswi baru di Monas Pacific Culinary Academy. Untuk saat ini saya belum terlalu tahu tentang silabus ice cream, sherbet, dan sorbet dikarenakan saya belum memasuki materi tersebut. Saya hanya tahu sedikit teorinya karena sudah pernah dijelaskan oleh dosennya.

    BalasHapus
  26. Hai saya Septiani Rizkina Kaban dari Medan. Saat ini saya sebagai mahasiswi baru di Monas Pasific kulinary academy. Seru banget masuk di sini, dosenya juga baik, ayo bergabung bersama kami di Monas.

    BalasHapus
  27. Hai saya Sisilia Yance dari Kukar. Saat ini saya sebagai mahasiswi baru di Monas Pasific Kulinary academy, Sebagai mahasiswi baru saya merasa belajar di sini sangat seru, dan dapat membantu saya mencapai impian saya, ayo bergabung bersama kami di monas.

    BalasHapus
  28. Halo saya Uswatun Hasanah dari Lamongan Saat ini saya sebagai mahasiswi baru di Monas Pacific Culinary Academy. Asik banget masuk sini. Dosennya juga baik-baik. Ayo segera bergabung dengan kami di Monas.

    BalasHapus
  29. Hai saya Athaya Adeev asal Semarang saat ini saya sebagai mahasiswa baru di Monas Pasific,kampusnya enak dengan dosen pembimbing yang baik.Daftarkan segera diri anda kesini karena kampus yang baik dengan pengajaran yang baik

    BalasHapus
  30. Haiii saya Tifa asal Tegal, saya adalah salah satu mahasiswi dari Monas Pasific, Monas Pasific merupakan kampus yang luar biasa, dan cocok bagi kalian yang ingin mendalami bidang kuliner, selain tempat nya yang nyaman, di sini juga akan di ajarkan semua yang berkaitan dengan kuliner, juga bakery.. bagi yang ingin mempelajari tentang management restoran di Monas ini juga akan di ajarkan di tahun ketiganya yang nantinya akan menjadi ahli madya kuliner...

    BalasHapus
  31. Hai saya Waode elfa yunita ahmad .
    Jujur d silabus yg bljr mengenai ice cream ini sya sgt suka krna kita bjlr segalah rasa ice cream dn sorbet pun bgthu ,dn cara pleting ice cream nya yg berbagai bntuk ,dn unik2 sehingga bukan sja rasanya yg enak tp tampilan nya pun menarik👍

    BalasHapus
  32. Hai saya Natasya Nucifera dari Kaltara. Saya mahasiswi baru di Monas Pacific Culinary Academy. Saya belum tahu tentang Sylabus ice Cream,Sherbet & sorbet.saya yakin ini pasti sangat asik karena kita dapat membuat berbagai jenis ice cream.

    BalasHapus
  33. Unknown16 Juli 2021 00.45
    Hai!saya MOHAMAD FAIRUZ GUSTIN ABDIEL.saya mahasiswa baru diMonas .meskipun belum tahu materi sylabus tapi tahu sedikit membaca salah satu materi yang banyak di sukai mulai anak kecil sampai para remaja yaitu ice cream dan bermacam macam Jenis ice cream juga varian rasa dan warnanya yang sangat menarik.

    BalasHapus
  34. Hai saya YANUAR RAFIF RIZQULLAH dari Gresik saya mahasiswa baru di Monas culinary academybiasa, dan cocok bagi kalian yang ingin mendalami bidang kuliner, selain tempat nya yang nyaman, di sini juga akan di ajarkan semua yang berkaitan dengan kuliner, juga bakery.. bagi yang ingin mempelajari tentang management restoran di Monas ini juga akan di ajarkan di tahun ketiganya yang nantinya akan menjadi ahli madya kuliner...

    BalasHapus
  35. Saya Secilya dari NTT, pada sylabus ini saya memahami tentang berbagai macam jenis ice cream, sherbets dan gelato. Cara membuat ice cream dan bahan-bahannya dan berbagai macam rasa yang berinovasi.

    BalasHapus
  36. saya afrizal dari papua, saya sementara ini masih dikuliner tapi saya rasa sylabus ini sangat seru soalnya ice cream yang dari kecil kita hanya makan aja, setelah belajar dimonas kita jadi bisa buat ice cream sendiri pasti suatu kebanggan bagi kita

    BalasHapus
  37. Di sylabus ini kita blajar bnyak sekali tentang ice cream,muliai dari sejarah dan proses pembuatan nya,dan kita juga dapat merasakan bnyak ny jenis ice cream,glato,sorbe

    Agung
    SMAN 1 Lembah Melintang

    BalasHapus
  38. Saya Nicky Nainggolan dari sidikalang.
    Sebelum masuk monas yang saya tahu itu hanya ada ice cream dan tidak ada jenis lainnya. Tetapi masih ada jenis lainnya seperti shorbet dan sherbets, dan tapi semenjak saya mempelajari silabus ini di monas saya menjadi lebih tau perbedaanya. Dan silabus ini sangat menarik karna kita membuat produk ice,sherbets dan shorbet dengan berbagai variasi rasa dan warna yang menarik, sehingga silabus ini sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  39. saya tommy fathoni dari SMA Negeri Ambulu Jember, materi inikita akan di ajarkan bagaimana cara membuat iced cream, gelato dan shorbet. yang tentunya semua itu sangat berbeda dari cara membuat dan bahannya. dulu saya hanya bisa makan saja dan sekarang saya bisa membuatnya sendiri di rumah hehehehe

    BalasHapus
  40. Saya briyan glory dari jember, es krim adalah makanan kesukaan banyak orang selain itu es krim juga banyak dijual dimana mana disini kita dapat ilmu tentang cara pembuatan es krim serta jenis dan sejarah dari masing masing es krim. Seru lah pastinya

    BalasHapus
  41. Saya Ashila dari Pangkalanbun,ice cream adalah makanan yang disukai banyak kalangan,dan juga laris dijual di sana sini,jadi di silabus ini kita diajarkan cara mengolah berbagai ice cream,tidak hanyak ice cream biasa,tapi juga berbagai jemis ice cream seperti gelato,shorbet,dll.sehingga pengetahuan kita tentang dessert yang satu ini juga bertambah

    BalasHapus
  42. Saya indira , mahasiswa MPCA , tahun ini merupakan tahun ke 3 saya belajar di mpca, sylabus ini merupakan sylabus favorit saya mungkin teman teman lainnya juga, pada sylabus ini kita belajar banyak tentang jenis jenis ice cream dari gelato, shorbet dll

    BalasHapus
  43. Saya moh fajrul falah asal pekalongan ,Mungkin ini menjadi salah satu materi favorit mahasiswa bakery. Karena disini kita bisa membuat sampai mencicipi ice cream, gelato dan sorbet yang dibuat dengan resep yang sudah teruji kelezatannya. Bisa jadi mahsiswa berebut untuk mencicipinya. Dengan begitu, para mahasiswa dapat membuka usaha es krim sendiri sesudah lulus dari Monas.

    BalasHapus
  44. Saya feby dari Jateng pati. Awal mula sebelum ikut belajar dalam membuat ice cream saya fikir prosesnya sangatlah susah dan rumit. Tetapi saat saya mencobanya di kampus.. Membuat ice cream tidak membutuhkan tenaga banyak. Cukup di MAT dan menunggu prosesnya saja. Hasilnya cantik, membuatnya mudah, dan sangat menyenangkan.. 😊

    BalasHapus
  45. Saya yudhistira dari tarakan, kalimantan utara.materi inikita akan di ajarkan bagaimana cara membuat iced cream, gelato dan shorbet. yang tentunya semua itu sangat berbeda dari cara membuat dan bahannya. silabus ini sangat menyenangkan.serta juga di ajarkan cara menghidangkan hidangan ini dengan baik dan cantik

    BalasHapus
  46. Saya Indah Alfira dari Medan, sylabus ini adalah sylabus yg ditunggu” dan digemari para anak Monas, bagaimana tidak? Di sylabus ini kita diajarkan bagaimana membuat berbagai macam jenis ice cream dan pastinya sangat menyenangkan setelah jadi dan ditunggu semalam di freeze, setela itu kita bisa langsung menyantapnya.

    BalasHapus
  47. Di syllabus ini kita akan diajarkan bagaimana mengolah sajian tersebut serta apa perbedaannya seperti perbedaan ice cream dan gelato. Tentu saja akan diajarkan bagaimana cara menyajikan ice cream, gelato, sherbets dan sorbet dengan aneka garnish yang menarik.

    shafinaz rammadhani
    surabaya

    BalasHapus
  48. Di Syllabus ini kita akan mengetahui
    dan lebih mengenal tentang perbedaan dan persamaan ice cream, gelato, sorbet dan sherbet. Kemudian diajarkan bagaimana proses pembuatan produk hingga tahap plating dan garnishing. Syllabus yang menjadi primadona bagi mahasiswa Monas. Ketika produk sudah siap untuk dihidangkan / plating pasti selalu habis tidak tersisa setelahnya.

    Yonathan Adi Wijaya
    SMA Kanisius
    Kudus

    BalasHapus
  49. Di syllabus ini kita akan dikenalkan lebih dalam tentang sejarah ice cream, gelato, sorbet & sherbet, perbedaan & persamaannya, cara membuatnya, dan lain-lainnya.

    Dechintya Putri A
    SMA Muhammadiyah 2 SDA
    Sidoarjo

    BalasHapus
  50. Tidak hanya belajar teknik memasaknya. Di Monas jugadiajarkan bagaiman seharah dari masakan tersebut salah satunya sejarah dari ice cream dan gelato dari awal ada sampai berkembang menjadi berbagai jenis dan modifikasi.

    Kelvin Alexya Erlangga
    SMAN 1 Magetan

    BalasHapus
  51. Pembelajaran pada Ice Cream,Sherbets And Sorbet mengajarkan dari tahap pengolahan, memasukkan kedalam mesin ice cream, ditunggu semalam di dalam frezeer, dan di garnish. Produk ini ada lah kesukaaan anak-anak sampai orang dewasa karena memiliki rasa yang beragam.

    Yoga Arif Sujatmiko
    SMAN 1 Bengalon
    Kutai Timur

    BalasHapus
  52. Tidak hanya memasak atau pun membuat kue di monas juga di ajarkan pembuatan ice cream sorbet dan gelato dari awal hingga menjadi ice cream yang siap di konsumsi

    Aprilmus jefian
    Sma N 1 lobalain

    BalasHapus
  53. Saya Arini dari Ruteng, NTT, di silabus ini kita di ajarkan cara pembuatan berbagai macam ice cream,seperti shorbet,sherbets, yang di variasikan dengan berbagai rasa yang enak dan menarik,serta juga di ajarkan cara menghidangkan hidangan ini dengan baik dan cantik

    BalasHapus
  54. siapa yang tidak suka ice cream? silabus ini menyenangkan kita belajar berbagai hidangan yang manis dan menyegarkan. tidak hanya ice cream namun ada sherbet dan sorbet.

    elang dendy
    saim

    BalasHapus
  55. ini adalah sylabus es krim dan ini adalah sylabus yang paling saya sukai karena seminggu kita di ajakarkan cara membuat eskrim dan jenis jenis eskrim mulai dr sorbe hingga gelato

    andara
    smk 4 bpp

    BalasHapus
  56. Syllabus ini saya belajar cara membuat banyak sekali es krim dengan resep yang sangat praktis, eskrim nya juga berbagai macam rasa. sangat mudah untuk di praktekkan dirumah, saya sangat suka.

    Nadhiya
    SMAs Sukma Bangsa Lhokseumawe

    BalasHapus
  57. Saya Nicky Nainggolan lulusan SMA Negeri 1 Sidikalang,
    Pada syallabus ini saya sangat tertarik dengan praktek dengan teorinya, mempelajari apa itu perbedaan ice cream, sorbet dan gelato. Tidak hanya itu, dengan prakteknya yang simple dan menarik membuat kita tidak sulit untuk mempelajarinya dan dibantu dengan dosen yang mengajar dengan telaten.
    Dengan mengikuti syllabus ini di Monas menambah wawasan saya dalam ice cream, sorbet dan gelato.

    BalasHapus
  58. ini adalah bab terfavorit saya karena membuat es krim selama satu minggu,dalam jangka waktu tersebut kami di ajarkan cara pengolahan dan macam macam jenis es krim mulai dr sorbe hingga gelato

    andara
    smk4 balikpapan

    BalasHapus
  59. saya herlihana febianti dari jateng pati . syllabus ice cream ini mengajarkan saya bagaimana teknik yang manual membuat ice cream dan cara gampang memakai teknik mesinnya .. sangat seru dan menyenangkan bisa ikutan belajar sillbus ini :)

    BalasHapus
  60. Saya briyan glory lulusan SMAN AMBULU JEMBER sangat tertarik pada silabus ini karena pelajaran tentang es ini sangat banyak, bukan hanya cream dan susu tapi juga pure buah dan berbagai jenis es yang digemari berbagai negara bahkan kebanyakan manusia sehingga ilmu yang saya dapat pun bertambah banyak

    BalasHapus
  61. Di sylabus ini sangat menyenangkan. Kenapa tidak? Semua orang pasti suka ice cream. Kita juga diajarkan jenis” ice cream mulai dr ice cream hingga sorbet -hary

    BalasHapus
  62. Saya Arini dari NTT, pada sylabus ini saya memahami tentang berbagai macam jenis ice cream, sherbets dan gelato. Cara membuat ice cream dan bahan-bahannya dan berbagai macam rasa yang sangat enak

    BalasHapus