Minggu, 19 Juni 2022

Silbus Indonesian Sweet-Juni 2022

 Praktek Mahasiswa Membuat Jajanan Pasar-Indonesian Sweet

Kue tradisional Indonesia atau jajan pasar sering disebut sebagai makanan khas Nusantara. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun demikian, jajan pasar yang sering ditemui di banyak pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran sebenarnya sudah tercampur dengan kultur atau budaya dari negara lain.

Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjualbelikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Dalam pengertian lain, adalah berbagai macam kue yang pada awalnya diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional. Meskipun telah banyak beredar makanan instan dan modern bahkan impor dari luar negeri, jajanan pasar masih tetap digemari karena beberapa alasan, antara lain harganya yang relatif terjangkau dengan rasa yang enak, dan ada banyak pilihan beragam yang disediakan.







Jajanan pasar ini, oleh masyarakat Jawa, ketika sudah dihidangkan di atas meja, sudah berubah namanya, yaitu pacetan atau nyamikan atau penganan. Dunia perhotelan, untuk meningkatkan daya tarik bagi para tamu bahkan banyak menyediakan jajanan pasar pada saat sarapan pagi. Dan beberapa kota/kabupaten di Indonesia, tak jarang menyelenggarakan festival jajanan pasar dalam rangka memperkenalkan potensi daerah berupa makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah tersebut


Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana dan seperti apa berkarir di industri kuliner atau kalian ingin menjadi seorang foodpreanur kalian bisa menghubungi kami akademi kuliner monas pasifik surabaya.
kenapa harus memilih kuliah di MONAS???

Jawabannya sederhana saja,

Karena MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY

PERTAMA dan SATU SATUNYA perguruan tinggi KULINER di INDONESIA yang diakui pemerintah dan memiliki IJIN DIKTI selain itu MONAS PACIFIC CULINARY ACADEMY juga TERAKREDITASI, KEUNGGULAN LAINNYA ADALAH PRAKTEK SETIAP HARI 4 RESEP.

Mana ada yang kayak monas, setiap hari praktek 4 resep, seminggu 20 resep, sebulan 80 resep..lah setahun? hitung sendiri ya......

Need more information...

Monas Pacific Culinary Academy

Ijin DIKTI no 198/D/O/2003

Jl. Bratang Binangun no 37 Surabaya, 60284

Tlp.082141199501, FB: Teguh Susanto, WA: 082141199501 Atau bisa juga WA di 085280008737

23 komentar:

  1. Hai perkenalkan nama saya moch amin mustakim
    Asal dari madiun jawa timur

    Pada syllabus ini
    Kami di ajarkan tentang berbagai macam makanan khas (jajan pasar) dari berbagai daerah di indonesia loh

    BalasHapus
  2. Mulai dari pemilihan bahan
    Teknik dan cara pengolahanya
    Tips" agar produk tidak gagal
    Serta cara penyajian yg baik juga

    BalasHapus
  3. Pada syllabus ini juga di ajarkan
    Mengelola bahan" di sekitar kita yg mudah di dapat
    Untuk di jadikan produk
    Simple tapi berkualitas

    BalasHapus
  4. Kami juga di ajarkan cara menyajikan dengan tema tradisional serta pemilihan" daun pembungkus yang tepat untuk menyajikanya,dan
    Sangat bermanfaat bagi kami ,untuk ke bekal ke dunia industri yang sesungguhnya

    BalasHapus
  5. Halo! Saya Linda Wulandari
    Asal dari Bangkalan, Madura
    Pada sylabus Indonesian sweet ini kami diajarkan bagaimana cara membuat berbagai macam jenis jajanan pasar khas Indonesia.

    BalasHapus
  6. Linda Wulandari
    Selain itu di sylabus ini kami juga di ajarkan cara membedakan dan apa kenungaanya dari berbagai jenis bahan contohnya seperti tepung,kelapa,daun dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
  7. Linda Wulandari
    Jajanan pasar ini terkenal dengan cita rasa yang manis dan gurih, bentuknya pun berbeda" dan juga sangat menarik. membuat jajanan pasar ini memerlukan kesabaran karena waktu pembuatannya lama,tetapi bagi kami itu sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  8. Nama saya Cindy Yuniar Djoenarto, asal sekolah SMA Negri Model Terpadu Bojonegoro. Sekolah di Akademi Kuliner Monas membuat saya menjadi semakin memahami tentang bakery dan pastry.

    BalasHapus
  9. Halloo teman teman sekalian nama saya Dyah virdha ayu rachma dari sekolah SMKN 2BOYOLANGU bertempat tinggal di tulungagung yang sekarang di akademi kuliner monas pengalamannya selama basic ini menyenangkan. Kami di ajarkan berbagai macam pastry dan bakery semua teknik semua peralatan dan cara penggunaan nya ada nama nama tertentu banyak sekali ragam dan fungsinya, tentu cara penggunaanya berbeda pula.

    BalasHapus
  10. Haiii teman- teman, nama saya Ertauli Panjaitan, saya dari sekolah SMA Negeri 1 Sutojayan, Blitar. Saya bertempat tinggal di Lodoyo Kabupaten Blitar. Sekolah di Akademi Kuliner Monas ini saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang pastry bakery.

    BalasHapus
  11. Halo perkenalkan nama saya Wilson,
    Asal dari Medan
    Pada sylabus ini kita diajarkan untuk membuat berbagai macam jajanan pasar dan menggunakan bahan disekitar kita untuk membuat makanan yang enak

    BalasHapus
  12. hallo nama saya dewi sandra
    asal sekolah smk 1 Dompu
    sekolah di akademi kuliner Monas sangat menyenangkan dan di sini banyak hal yg bisa saya pelajari salah satunya bakery dan pastry

    BalasHapus
  13. Hi semua, saya Alicia dari SMA GEMA 45 SURABAYA kebetulan sekarang setelah lulus menjadi mahasiswa di Monas. Saat melakukan registrasi pendaftaran saya dituntun dengan baik dan ramah, segala informasi yang diberikan sangat terperinci.

    BalasHapus

  14. Hai perkenalkan nama saya Sisilia Yance, dan saya berasal dari Samarinda. Sekarang saya berkuliah di Monas pacific culinary academy. tiap hari terasa menyenangkan dan kami langsung diajarkan langsung oleh dosen dan chef yang berpengalaman.

    BalasHapus
  15. Hai saya septi asal dari medan,awalnya saya berfikir saya tidak berbakat didalam memasak tapi setelah belajar di monas saya mulai merasa mungkin saya ada bakat yang belum terasah didalam memasak dan di monas kita akan diarahkan dan diajari bahkan mulai dari basic

    BalasHapus
  16. Haiiiii saya Ertauli panjaitan asal dari Blitar, Jawa Timur. Kuliah di sini sangat menyenangkan dari mendapatkan teman-teman yang seru dosennya pun sanagt seru, banyak sekali pembelajran yang bisa kita dapat dari monas culinary ini.

    BalasHapus
  17. Hallo nama saya virdha disini kita juga diajarkan jajanan basah atau kue basah seperti gambar diatas banyak praktek yg bisa menjadi ide jualan kedepannya

    BalasHapus
  18. Jajanan pasar ini terkenal dengan cita rasa yang manis dan gurih, bentuknya pun berbeda" dan juga sangat menarik. membuat jajanan pasar ini memerlukan kesabaran karena waktu pembuatannya lama,tetapi bagi kami itu sangat menyenangkan. salam hangat dari fio.

    BalasHapus
  19. pengalaman selama belajar dasar pastry sangat menyenangkan. Kami di ajarkan berbagai macam pastry dan bakery semua teknik semua peralatan dan cara penggunaan nya ada nama nama tertentu banyak sekali ragam dan fungsinya, tentu cara penggunaanya berbeda pula. Salam hangat dari fio.

    BalasHapus
  20. Hai saya novrita, selama dimonas saya mempelajari lebih dari seribu resep salah satunya jajanan pasar. Dalam silabus ini kami mempelajari berbagai jajanan pasar indonesia yang berasal dari berbagai daerah di indonesia

    BalasHapus
  21. Hai sya Ahlul, pada silabus ini saya diajarkan bnyk sekali kue kue tradisional dari berbagai daerah. Selain membuat japas kita juga diajarkan untuk bisa memanage waktu

    BalasHapus
  22. Haiii, saya Ertauli Panjaitan asal Blitar, Jawa Timur. Dosen disini sangat membantu dalam praktek sehari-hari jika kita merasa kebingungan bisa langsung bertanya nantinya akan dijawab dengan jelas dan dipraktekkan.

    BalasHapus
  23. Hai sya wilson asal medan, pada silabus ini saya diajarkan bnyk sekali kue kue tradisional dari berbagai daerah. Selain membuat japas kita juga diajarkan untuk bisa memanage waktu

    BalasHapus